Mohon tunggu...
Tekno

Aplikasi Rekapitulasi Monografi Desa pada Kabupaten Sukoharjo

14 Maret 2017   12:06 Diperbarui: 14 Maret 2017   12:10 1651 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Rekapitulasi Monografi Desa pada Kabupaten Sukoharjo
Sumber: Google Play Store

PERMASALAHAN

Monografi merupakan pendataan mengenai keadaan desa yang meliputi data umum, data personil, data kewenangan, data keuangan dan data kelembagaan. Di Kabupaten Sukoharjo sendiri pendataan Monografi masih dilakukan secara manual dimana data di setiap Desa dari setiap Kecamatan direkap menjadi buku administrasi desa. Dengan sistem pendataan tersebut petugas monografi Desa/Kelurahan harus melakukan dua kali kerja, ditambah lagi pengelolaan dan ketersediaan data yang tidak terkontrol sehingga terjadi redundansi.

Halaman Awal (Dokumen Pribadi)
Halaman Awal (Dokumen Pribadi)
Contoh Potensi Umum (Dokumen Pribadi)
Contoh Potensi Umum (Dokumen Pribadi)
Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya sebuah Aplikasi Rekapitulasi Monografi Desa Berbasis Android untuk memudahkan petugas desa dalam mengecek data monografi sehingga lebih memudahkan dalam melihat perkembangan yang terjadi di setiap desa. Dimana keunggulan aplikasi rekapitulasi monografi desa berbasis android adalah dalam hal mobilitas, aplikasi pada smartphone android dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Berkat karakteristik tersebut, aplikasi rekapitulasi monografi desa berbasis android menjadi jawaban yang tepat untuk mengatasi kendala pada aplikasi rekapitulasi monografi desa berbasis web. Dengan membuat Aplikasi Rekapitulasi Monografi Desa Berbasis Android diharapkan mampu membantu petugas desa dalam memperoleh informasi mengenai data monografi desa langsung dari smartphone android.

PROSES BISNIS

Proses Bisnis (Dokumen Pribadi)
Proses Bisnis (Dokumen Pribadi)
Diperlihatkan bahwa aplikasi yang dibangun untuk menerima dan mengirim data dari dan keserver adalah aplikasi mobile berbasis Android, yang menyediakan site untuk satu user yaitu global user/petugas desa.

PEMBUATAN

Aplikasi ini berbasis Android yang dibuat menggunakan Android Studio. Aplikasi ini telah tersedia di Play Store.

VIDEO PILIHAN