Mohon tunggu...
Hiburan

Game Android The Legend of Petruk

15 Maret 2017   14:27 Diperbarui: 15 Maret 2017   14:39 334 0 0 Mohon Tunggu...

PERMASALAHAN

Punakawan adalah karakter yang khas dalam wayang Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya mengindikasikan bermacam-macam peran, seperti penasihat para ksatria, penghibur, kritisi sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. Dalam wayang Jawa karakter Punakawan terdiri atas Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong.

Game merupakan salah satu produk teknologi informasi yang cukup digemari saat ini, Game juga merupakan bentuk aplikasi yang edukatif, artinya bisa dijadikan sebagi media pembelajaran dimana prosesnya biasa dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain. Game juga dapat digunakan sebagi alternatif media untuk mengenalkan kebudayaan kepada generasi muda, contoh Gameyang memiliki alur cerita bertemakan pewayangan seperti Ramayana atau Mahabarata yang berbasis Android atau PC.

Unity 3D merupakan aplikasi yang digunakan untuk merakit sebuah Game bukan untuk mendesain assetGame. AssetGame dibuat menggunakan aplikasi desain seperti Maya, Cinema 4D, Blender, modo, 3DS MAx,Lightwave, dan lain sebagainya. Unity 3D adalah pembuat Game yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah Game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar Android,  iPhone,  PS3, dan bahkan X-BOX(Watkins, 2011).

Dengan adanya Game yang mengangkat cerita kisah pewayangn berbasis Android, diharapkan dapat membantu melestarikan kisah pewayangan yang digambarkan melalui media Game. Game ini mengangkat kisah pewayangan Punakawan yang merupakan kisah pewayangan yang benar-benar asli Indonesia dimana seluruh cerita dikemas dalam bentuk Game, dengan durasi waktu yang singkat, namun pengguna tetap dapat memahami cerita dari kisah pewayangan Punakawan ini.

Dengan adanya Game ini diharapkan masyarakat umum terutama generasi muda dapat mengengenal kebudayaan wayang punakawan. Sehingga Kisah pewayangan tidak hilang ditelan zaman.

KONSEP DASAR

Konsep dasar dalam game ini adalah berupa game bergenre action adventure. Dalam game ini mengambil cerita Petruk yang menjadi dukun atau tabib yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Konsep dasarnya diambil dari buku “Petruk dadi Dukun”.

PEMBUATAN

Game ini merupakan game yang berbasis Android yang dibuat menggunakan Unity 3D menggunakan bahasa pemrograman C#. Game ini akan tersedia di PlayStore.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x