Mohon tunggu...
Trimanto B. Ngaderi
Trimanto B. Ngaderi Mohon Tunggu... Penulis lepas

Penulis, Petani, Pegiat Forum Lingkar Pena, Pendiri Taman Baca "Rumah Cahaya" Boyolali, Direktur CV Madina Publika

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ganti Nama, Anak Sakit-sakitan Jadi Sembuh?

17 Oktober 2018   16:59 Diperbarui: 17 Oktober 2018   21:34 1576 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ganti Nama, Anak Sakit-sakitan Jadi Sembuh?
Ilustrasi: www.slideshare.net/CarolineMcG

Anak kecil sering sakit mungkin masih dianggap hal biasa. Tapi jika terlalu sering sakit dan jenis sakitnya cukup berat bahkan tidak wajar, maka hal ini akan membuat orang tua cukup cemas. Walau si anak sudah sering dibawa berobat ke rumah sakit, tapi sakitnya sering kambuh, bahkan semakin parah.

Berbagai ikhtiar telah dilakukan oleh orang tua demi kesembuhan anaknya. Selain ke rumah sakit, mereka juga mencoba pergi ke berbagai pengobatan alternatif. Apalagi jika penyakit si anak dianggap penyakit yang tidak wajar alias masuk kategori penyakit nonfisik, maka pengobatan alternatif menjadi pilihan utama.

Anak yang sering sakit ini terkadang kurang jelas apa jenis penyakitnya. Entah kurang gizi, menderita kelainan tertentu, atau terkena gangguan jin, dan lain-lain. walaupun peralatan di rumah sakit sudah semakin canggih, belum tentu juga dapat mendeteksi suatu penyakit secara tepat.

Ketika orang tua sudah nyaris kehabisan cara untuk mencari kesembuhan anaknya, tiba-tiba saja ada orang tua zaman dahulu yang menyeteluk dan berkata, "Ganti saja namanya, mudah-mudahan dengan izin Allah bisa sembuh".

Mungkin kita akan berpikir, masak iya sih hanya dengan mengganti nama, orang yang sakit bisa sembuh, apa hubungannya. Memang terdengar tidak masuk akal, tapi hal ini benar adanya. Cerita ini pernah terjadi di daerah saat saya masih kecil tentang anak yang sering sakit-sakitan, kemudian diganti namanya dan akhirnya bisa sembuh.

Bagi para rasionalis, hal ini dianggap sebagai takhayul, fiksi, atau irrasional. Tapi tidak bagi saya dan juga orang-orang yang mau berpikir secara lebih mendalam dan komprehensif. 

Kita ketahui bersama bahwa manusia terdiri dari unsur jasmani dan rohani, badan dan jiwa. Keduanya memiliki hubungan erat satu dengan lainnya. Saling berkomunikasi dan saling mempengaruhi. Rohani dan jiwa manusia bersifat dinamis dan gaib. Jiwa bersifat spiritual, jiwa bersifat transedental. Jadi, tidak selalu segala hal yang menyangkut perihal manusia bisa dijelaskan secara ilmiah.

Keajaiban Suara 

Memanggil atau menyebut nama seseorang, berarti kita mengeluarkan suara untuk orang tersebut. Suara yang keluar dari mulut kita akan memancarkan energi kepada orang yang kita panggil. 

Secara umum, nama yang baik, panggilan yang enak didengar, suara yang lembut akan memberikan dampak positif  bagi yang mendengarnya. Hal yang baik akan memberikan kebaikan.

Sebaliknya, jika nama buruk, panggilan jelek, dan suara yang kasar akan memberikan dampak negatif bagi yang mendengarnya. Hal-hal yang tidak baik akan memancarkan getaran buruk bagi tubuh fisik, yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x