Mohon tunggu...
lyrud
lyrud Mohon Tunggu... Passionate on new business

International business developer and digital enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tips untuk WFH yang Efektif

26 Maret 2020   16:32 Diperbarui: 26 Maret 2020   16:50 191 1 1 Mohon Tunggu...

Istilah Work from Home (WFH) mulai familiar di telinga kita sejak semakin bertumbuhnya industri start up. Dimana pekerja yg mayoritas adalah generasi 'Millenial' lebih tertarik dengan perusahaan - perusahaan yang mengijinkan karyawan mendapat 'flexible working time' , 'work from home' dan istilah baru lainnya. 

Dengan keadaan saat ini Indonesia yang penyebaran virus Covid-19 semakin meluas, pemerintah dan perusahaan- perusahaan berusaha mengantisipasi agar para pekerjanya tidak berada di dalam situasi yang membahayakan diri mereka dan keluarganya.

Apakah  yakin bisa bekerja seperti di kantor ketika sedang WFH mode? Yakinkan team kamu dan perusahaan kamu yuk bahwa semua bisa diatasi walaupun perlu ada penyesuaian ketika memulai. Tetapi itu wajar koq, so, tunggu apa lagi cobalah beberapa Tips WFH yang saya kumpulkan dari orang- orang yang sudah menjalankan ini sebelumnya. 

1. Jadikan rutinitas

Siapa bilang kita merasa seperti liburan ketika WFH? Kenyataanya malah sebaliknya batas antara kerja dan personal time jadi semakin rancu, yang awalnya 8-5 atau 9-6 sampai di rumah sudah bisa benar-benar tutup laptop dan enjoy family time. Sekarang karena WFH tentunya ada distraction baik dari anggota keluarga ataupun hal teknis membuat kita sulit terlepas dari laptop ataupun handphone.

Pastikan kita selalu konsisten ketika memulai dan menyelesaikan pekerjaan meski dalam kondisi WFH. Konsisten memulai dan menyelesaikan pekerjaan dan juga tidak lupa tetap menjaga kesehatan tentunya. Intinya dengan adanya habit / kegiatan yang dilakukan secara berulang dan konsisten dengan sendirinya akan menjadi rutinitas.

2. Dress up

Layaknya hendak ke kantor, kita juga perlu memperhatikan penampilan yang rapih dan bersih meski dalam WFH mode. Hal ini bisa menjadi mood booster dan membuat kita lebih professional di masa perlunya komunikasi intensif dengan tim ataupun jajaran board. Ingat pendengar telepon di ujung sana dapat menangkap suasana / mood pendengarnya, apalagi jika sedang video conference, malu juga dengan tampilan baju tidur atau muka mengantuk.

3. Benahi work space 

Agar membuat kita nyaman bekerja tentunya suasana ruangan perlu dibuat fungsional, nyaman dan bersih. Ada baiknya memilikki ruang terpisah dari ruang tidur sebagai work space Anda. Jika sudah ada workspace memadai waktunya, selanjutnya yaitu kita bisa mendapat akses internet lancar dan tidak menganggu penghuni rumah lainnya ketika kita memakai ruang tersebut ketika teleconference atau video conference. Work space nyaman membuat pikiran  tenang dan juga kreatif. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x