Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Mengukur Kinerja Influencer: Engagement Vs Followers

10 Juli 2020   17:21 Diperbarui: 10 Juli 2020   17:20 16 1 1 Mohon Tunggu...

Untuk menentukan influencer mana yang akan menjadi wajah campaign TikTok Anda, salah satu metrik utama yang pasti Anda pertimbangkan adalah engagement dan followers. 

Seringkali, influencer memiliki salah satu dari kedua hal itu tetapi tidak yang lainnya dan sebagai suatu brand, Anda perlu menentukan secara strategis jenis influencer yang ingin Anda ajak bermitra. Untuk melakukan itu, mari kita coba memahami perbedaan keduanya.

Pertama-tama, keterlibatan mencakup like, share, comments, dan duet, sementara followers berarti jumlah pengguna TikTok yang mengikuti sebuah akun. 

Tingkat engagement menunjukkan persentase orang yang berinteraksi dengan post Anda, ini berarti engagement rate membantu Anda melihat apakah konten tersebut disukai dan apakah para followers terdorong melakukan sesuatu alih-alih mengikuti Anda secara pasif. 

Sementara itu, jumlah pengikut menentukan jumlah orang yang akan melihat video Anda. Konten oleh influencer dengan banyak pengikut dapat membantu brand Anda dilihat oleh pasar yang lebih besar. Kedua metrik adalah faktor yang sama-sama baik dalam menentukan influencer.

Tentunya Anda ingin menemukan influencer yang memiliki basis pengikut yang besar dan pada saat yang sama mempertahankan tingkat engagement yang sehat. Sayangnya, jenis influencer ini tidak selalu tersedia. Karena itu, ketika Anda harus memilih antara influencer dengan jumlah pengikut yang tinggi dan engagement yang tinggi, cobalah untuk mempertimbangkan setidaknya tiga hal ini.

  • Tujuan Campaign Anda 

Sebuah campaign biasanya memiliki satu tujuan atau memprioritaskan tujuan tertentu. Ini bisa untuk meningkatkan brand awareness atau untuk mengajak users melakukan tindakan tertentu seperti mengikuti challenge, melakukan duet, dll. 

Seorang influencer dengan lebih banyak pengikut lebih mungkin menunjukkan campaign Anda ke lebih banyak orang, sehingga lebih baik untuk bermitra dengan influencer ber-followers banyak jika ingin banyak yang melihat campaign Anda. 

Sementara, jika Anda ingin memastikan lebih banyak orang mengklik, mengikuti, dan berinteraksi dengan campaign Anda, penting untuk memiliki influencer dengan engagement tinggi dalam campaign Anda.

  • Popularitas Vs. Konten

Dalam sebagian besar kasus, engagement berasal dari keterampilan pembuatan konten yang baik. Ini sering berarti influencer dengan engagement tinggi terampil membuat konten yang menarik dibandingkan dengan influencer yang lebih populer namun tidak karena karier mereka bergantung padanya.

Jadi pikirkan tentang apa yang ingin Anda lakukan dengan konten kampanye ini, apakah Anda ingin kreativitas tinggi dan campaign yang mudah diingat? Jika begitu, Anda mungkin perlu memprioritaskan pembuat konten yang sangat menarik, yaitu mereka yang engagementnya tinggi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x