Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Dukung Bisnis Kecil di Masa Pandemi

12 Mei 2020   14:09 Diperbarui: 12 Mei 2020   14:18 35 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 membawa dampak pada bisnis di semua sektor terutama bisnis kecil / UMKM. Banyak bisnis yang tidak bisa beroperasi dan terpaksa merumahkan karyawan. Tidak sedikit juga bisnis kecil yang akhirnya memaksa mereka untuk tutup selamanya.

Krisis ini kemudian membuat banyak bisnis mengencangkan promosi dan penjualan produk melalui media sosial terutama Instagram. Melihat ini, Instagram ikut mengambil inisiatif untuk membantu bisnis kecil yang terdampak krisis pandemi.

Setelah Facebook sebagai perusahaan ibu dari Instagram memberikan program pemberian dana $100 juta kepada bisnis yang terdampak, Instagram kini meluncurkan berbagai fitur untuk membantu promosi bisnis kecil. Dengan fitur-fitur ini, Instagram ingin membantu mempermudah bisnis agar gampang ditemui oleh konsumen.

Gift Card dan Food Order Untuk Bisnis

Gift Card ini berupa stiker yang bisa ditampilkan di Insta Story. Dengan menggunakan Gift Card di akun bisnis, pengguna Instagram dapat mendukung bisnis Anda dengan klik stiker. Kemudian stiker akan mengarahkan pembeli ke situs bisnis Anda. Pengguna / pembeli juga dapat membagikan kembali stiker Gift Card ini di Insta Story mereka sehingga akan lebih banyak orang yang bisa ikut mendukung bisnis Anda.

Sementara untuk stiker Food Order berfungsi untuk mempercepat proses order. Stikernya ini juga bisa dishare oleh pengguna di Insta Story mereka. Stiker Gift Card dan Food Order ini juga bisa ditambahkan di profil sebagai button. 

Donasi Untuk Bisnis

Stiker ini dapat digunakan oleh pebisnis maupun pengguna Instagram. Pemilik bisnis dapat membuat personal fundraiser melalui Facebook untuk mendukung mendapatkan sumbangan bagi bisnis mereka yang terkena dampak. Kemudian link donasi bisa digunakan di Instagram dalam bentuk stiker. Pendukung bisnis Anda pun dapat bergerak untuk ikut membantu membuat donasi.

Rangkaian bantuan yang diinisiasi oleh Facebook ini dinilai sangat penting oleh Justin Osofsky, COO dari Instagram. Ia mengatakan bahwa bisnis kecil merupakan tulang punggung dari komunitas lokal. Mereka membawa orang berkumpul dan membangun komunitas. Maka dari itu Facebook dan Instagram ingin menjadi bagian untuk membantu bisnis kecil yang terkena dampak.

VIDEO PILIHAN