Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Statistik TikTok dan Instagram di 2020 yang Esensial untuk Diketahui

5 Mei 2020   15:36 Diperbarui: 5 Mei 2020   16:08 50 0 0 Mohon Tunggu...

Media sosial menjadi platform penting untuk bisnis dan marketer memperkenalkan produk kepada audiens. Tentunya hal ini terjadi karena media sosial memiliki khalayak yang banyak yang berkumpul di sebuah platform. Tujuan kebanyakan bisnis tentunya untuk melakukan brand awareness atau generating leads.

TikTok dan Instagram kemudian menjadi media sosial yang paling digemari untuk bermarketing. Hal ini dikarenakan TikTok dan Instagram memiliki jumlah audiens yang besar dan varian konten yang beragam. Untuk itu marketer dan bisnis perlu mengetahui beberapa statistik dari TikTok dan Instagram yang dapat digunakan untuk memperhitungkan marketing efforts dari bisnis Anda.

Statistik Penggunaan Instagram Secara Umum
Instagram masih menjadi salah satu media sosial yang teratas meskipun belakangan ini kedatangan TikTok sebagai pesaing. Namun, Instagram masih menduduki peringkat kedua untuk aplikasi yang paling sering diunduh di App Store. Kemudian untuk pengguna setiap harinya, Instagram Story menjadi fitur yang memiliki pengguna sebanyak 500 juta tiap bulannya.

Statistik Untuk Bisnis dan Marketer
Metrics yang satu ini akan penting untuk mengetahui hal-hal yang dapat diprioritaskan untuk marketing bisnis Anda.

  1. Instagram memiliki 200 juta pengguna yang setidaknya mengunjungi satu akun bisnis setiap harinya.
  2. Dalam risetnya, Instagram menemukan bahwa 60% pengguna mengaku mereka menemukan produk baru melalui Instagram.
  3. Bisnis dapat menjangkau 57 juta pengguna dengan beriklan di Instagram.

Statistik Instagram Marketing Influencer
Marketing Influencer tentunya menjadi investasi yang banyak digunakan marketer / bisnis untuk beriklan. Data menunjukkan sebanyak 69% digital marketer berencana untuk menggunakan Marketing Influencer. Kemudian mereka lebih memilih bekerja sama dengan micro / nano influencer. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih dekat dengan audiens dan mempunyai konten yang masih autentik.

Setelah mengetahui statistik Instagram, mari beralih ke statistik TikTok sebagai platform yang sedang emerging di tahun ini.

Demografi TikTok

Media sosial yang satu ini memang dikenal sebagai platform-nya Generasi Z. Kenapa? Karena secara demografi, TikTok didominasi oleh anak muda umur 16-24 tahun. Demografi yang sangat spesifik ini dari awal memang menjadi tujuan TikTok yang ingin menyasar ke kelompok mudah di bawah umur 18 tahun.

Lokasi yang Banyak Menggunakan TikTok

Kebanyakan downloaders TikTok berasal dari Asia. Namun, jika ingin dispesifikan, negara di Asia yang banyak pengguna TikTok-nya adalah India. Di tahun 2019, India menyumbang angka 277 juta downloaders TikTok. Angka tersebut merupakan 45% dari total pengunduh TikTok dalam satu tahun.

Setelah India, menyusul Cina yang menyumbang angka 45 juta pengunduh di tahun 2019. Sekarang ini TikTok sedang bertumbuh pesat di Asia Tenggara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN