Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Digital

Social Media Marketing, Akankah TikTok Menjadi Instagram Selanjutnya?

3 Desember 2019   12:01 Diperbarui: 3 Desember 2019   17:47 0 0 0 Mohon Tunggu...
Social Media Marketing, Akankah TikTok Menjadi Instagram Selanjutnya?
tiktok-analisa-5de5ffb4d541df06a579a163.png

Pemasaran sosial media sedang meningkat. Pemasar berencana untuk menjangkau lebih banyak khalayak dengan menggunakan berbagai platform seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Tunggu, TikTok? Ya, jika Anda belum pernah mendengar, merek-merek terkenal di dunia seperti Samsung, Guess, dan BMW telah menggunakan pemasaran TikTok untuk mengaktifkan kehadiran merek online mereka dan hasilnya luar biasa!

Melihat tren, TikTok kini telah mendapatkan lebih banyak paparan dan bersaing keras dengan Instagram. Jadi untuk pertanyaan utama, apakah pemasaran TikTok akan menjadi Pemasaran Instagram berikutnya? Mari selami jawabannya!

Bisakah TikTok Lebih Baik Daripada Instagram?

Menurut Datareportal, TikTok memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia pada tahun 2019. Sementara jumlah ini masih setengah dari pengguna Instagram saat ini yaitu sekitar 1 miliar, kita dapat berasumsi TikTok memiliki potensi besar untuk menjadi Instagram berikutnya, dan tentu saja, alat selanjutnya untuk menyebarkan kesadaran merek online Anda.

Berdasarkan grafik, Anda dapat melihat bagaimana TikTok meningkatkan popularitas dengan cepat dan telah mengumpulkan banyak pengguna (sejumlah besar 500 juta pengguna) hanya dalam 2 tahun sejak diluncurkan. Sekadar informasi, Instagram membutuhkan waktu hampir enam tahun untuk mencapai angka ini.

Selain itu, TikTok juga menempati urutan teratas dalam daftar Aplikasi Android yang paling banyak diunduh di AS dengan total 9,14 juta unduhan. Yang mengejutkan, bahkan mengalahkan Instagram yang hanya mendaftarkan 2,47 juta unduhan pada Oktober 2018.

Nah, apakah Anda sudah melihat polanya? Waktu telah berubah dan TikTok dapat menjadi "Pemimpin" platform media sosial berikutnya di era ini. Ini mulai masuk akal mengapa banyak perusahaan berniat untuk menerapkan pemasaran TikTok.

Bagaimana TikTok Menargetkan Gen Z?

41% pengguna Tik Tok adalah praremaja, remaja dan dewasa muda (antara 16-24 tahun) dan mereka adalah audiens yang sempurna untuk pemasaran TikTok dan jelas merek Anda. Remaja di usia 14-18 tahun secara alami lebih konsumtif dibandingkan dengan usia yang lebih tua. Daripada kebutuhan, remaja membeli barang karena mereka menginginkannya.

Selain itu, sebagian besar pengguna media sosial adalah praremaja dan remaja yang memiliki minat tinggi dalam jejaring sosial. Daripada memilih untuk menjadi platform plin-plan yang berusaha keras untuk menjangkau audiens yang lebih luas, TikTok mencoba langkah berani dan lebih memilih untuk mengoptimalkan fitur mereka untuk audiens yang lebih spesifik yang masih remaja.

Dengan strategi dan platform yang tepat, akan sangat mudah untuk menyebarkan merek Anda ke seluruh dunia dan banyak orang percaya TikTok adalah salah satu platform yang tepat untuk pemasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN