Mohon tunggu...
Lyland Wilujeng
Lyland Wilujeng Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

baca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Salah Satu Cerita Hidupku

31 Januari 2023   18:06 Diperbarui: 31 Januari 2023   18:10 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr wb. Halo. Perkenalkan aku Lyland Wilujeng, nah disini aku mau membagikan sedikit cerita hidup ku. Mungkin sebelumnya saya ingin membahas tentang asal dulu kali ya, jadi aku itu asli orang Balikpapan iya di Kalimantan Timur, nah mungkin banyak yang bertanya tanya kenapa kuliah nya jauh di Yogyakarta. Jadi ibu aku itu asli orang Kalimantan dan bapak ku asli Jawa tepatnya di Tulungagung Jawa Timur, lalu aku lahir di Samarinda dan mulai bersekolah dari TK hingga SMP di Balikpapan. Tapi saat aku kelas 3 SMP aku memutuskan untuk pindah ke Jawa di rumah nenek ku, pertanyaan nya "kenapa pindah?" karna nenek aku sakit dan emang harus di jagain dan aku sayang banget sama nenek ku dan akhirnya aku memutuskan untuk pindah sekolah sambil mengurus nenek ku, ya sebenarnya ada hal lain yang menjadi salah satu alasan keputusan ku untuk pindah, mungkin dari segi lingkungan dan warga sekitar ya. Nah jadi orang Jawa identik sekali dengan keramahan nya, tentu saja pada saat aku di Balikpapan pun orang orang nya ramah tetapi tetap berbeda, di Jawa semua orang peduli dengan kita, dan hangat hangat gitu, dan aku pun merasa nyaman karna memang sebelumnya aku sering banget pulang ke Jawa setiap lebaran.

Saat SMA aku agak sulit untuk beradaptasi ya tentu saja karena perbedaan bahasa lalu kebiasaan, jadi terkadang teman ku susah untuk menjelaskan ke aku arti dari apa yang mereka bicarakan. Tapi over all its okay aku bahagia menemukan teman baru, cerita baru, tempat baru juga pengalaman baru. Lambat laun masa SMA dan mulai sibuk mencari dimana mau meneruskan ke jenjang perkuliahan, wah kalau membahas tentang cita cita aku lumayan yg gampang dari dulu untuk ditanya, misal ada orang nanya ke aku "eh kamu kalo udah gede mau jadi apa?" dan jawaban ku dari dulu sampai sekarang ga pernah ganti ya "mau jadi bidan." Sesimple itu ya tapi perjuangan nya sungguh penuh keringat HAHA. 

Dari awal aku emang ingin sekali masuk di Poltekkes Semarang dan mengambil program studi D4 Kebidanan, tetapi jalan nya tidak mulus sekali teman haha, jadi aku daftar sebanyak 3x dan semua nya di tolak, wah itu sedih banget bener bener galau, putus cinta mah ga ada apa apa nya dibandingkan ketolak 3x di tempat yg sama dan program studi yang sama. Aku sudah berpikiran yang negatif terus aku selaku mikir bagaimana jadinya kalau aku tidak bisa kuliah kebidanan, aku gatau harus ngapain, dan ya tentu saja orang tua selalu ada untuk menguatkan ku memberi semangat aspirasi positif dan selalu bilang "apapun yang terjadi sudah ada porsi nya masing masing, mungkin tempat ku buka disemarang dan bisa saja ditempat lain" dan aku cukup tersemangati ya walaupun tiap malam masih sering nangis nangis an. 

Dan akhirnya aku memutuskan untuk melihat liat kampus kesehatan yang ada di jogja melalui media sosial, dan memberanikan diri untuk mengirim pesan ke orang asing yang kuliah di kampus ku sekarang, dan bertanya tanya. Setelah menimbang berbagai pendapat akhirnya aku memilih daftar di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dan mengambil program studi S1 Kebidanan dan Profesi, wah sungguh bahagia pada saat aku membaca pengumuman bahwa aku masuk, awalnya sempat merasa hoppless karna aku daftar di gelombang terakhir dan mungkin saja slot nya terbatas, tetapi Allah SWT kasih jalan ini buat aku lalui, aku sangat sangat bersyukur sekali dan akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Doakan agar aku bisa lulus tepat waktu lancar segalanya dan diberikan kemudahan serta kesehatan, kalian semua yang mungkin membaca kisah ku yg agak boring ini semoga segera tercapai apa yang diinginkan ya. Sebelumnya terima kasih banyak yang mungkin membaca aku bahagia sekali. Dah sampai jumpa. Wassalamu’allaikum wr .wb 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun