Mohon tunggu...
Luzay 414
Luzay 414 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa unggul

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hukum Apa Saja yang Digunakan dalam Teori Belajar?

24 September 2022   21:10 Diperbarui: 24 September 2022   21:13 2207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Masalah belajar adalah masalah yang selalu aktual dan selalu dihadapi oleh setiap orang. Belajar adalah dasar untuk memahami perilaku. Maka dari itu banyak ahli yang membahas berbagai teori tentang belajar. Dalam hal ini tidak dipertentangkan kebenaran setiap teori yang dihasilkan tetapi yang lebih penting adalah pemakaian teori-teori itu dalam praktek proses pembelajaran.
Nah untuk memahami karakter dalam belajar maka diperlukan berbagai teori belajar. Diantaranya adalah teori belajar fungsionalistik dominan Edward lee thorndike dan Burrhus f.skinner.
Menurut Edward lee thorndike belajar merupakan bentuk perubahan dalam hal kemampuannya yang bertujuan merubah tingkah laku dengan cara interaksi antara stimulus dan respon. Beliau mengatakan'' barang siapa yang terus lari dia akan belajar di kemudian hari''. Teori yang digunakan beliau dalam belajar yaitu ada 4 :
1.Proses interaksi antara stimulus dan respon
2.Proses mencoba dan gagal
3.Belajar lebih penting dari pada berwawasan luas
4.Tidak bersifat langsung tapi praktek
Selain teori Edward lee thorndike memiliki 3 hukum yang digunakan dalam belajar diantaranya:
1.Hukum kesiapan
Tidakan hukum yang berarti bahwa pembelajaran terjadi Ketika kecenderugan Tindakan timbul melalui penyesuaian persiapan, pengaturan atau sikap.

2.Hukum Latihan
Hukum yang mengakibatkan hubungan akan semakin kuat jika dilakukan secara terus menerus, tetapi jika tidak maka kebalikannya.

3.Hukum dampak/akibat
Hukum tanggapan yang menghasilkan effek yang memuaskan dalam memperkuat hubungan stimulus dan respon.
Nah sedangkan menurut Burrhus f.skinner belajar merupakan hubungan stimulasi dan respon. Beliau percaya bahwa suatu perubahan tingkah laku seseorang akan ada konsekuensinya.selain itu beliau juga yakin bahwa setiap orang pasti akan belajar demi meningkatkan atau menguatkan tingkah lakuya agar tidak mendapatkan ganjaran yang buruk.
B.F. skinner juga memiliki 2 hukum dalam teori belajar, yaitu :
1. .  law of operant conditioning
Adanya perubahan perilaku sehingga kekuatan perilaku itu akan meningkat.
2. la of operant extinction
Adanya perubahan perilaku yang diperkuat dengan sebuah peoses conditioning dan tidak dibarengi dengan stimulus penguat, maka bisa menurunkan kekuatan dari perilaku tersebut.
DAFTAR RUJUKAN
Wasty soemanto, psikologi Pendidikan, (Jakarta: rineka cipta, 1998),  halaman.124
S Gautam, thorndike`s trial and error theory, learning psychology, artikel
Gramedia literasi, teori pembelajaran

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun