Mohon tunggu...
Lutviah AuliaMaharani
Lutviah AuliaMaharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hello

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Elastisitas Harga

29 Januari 2022   21:09 Diperbarui: 29 Januari 2022   21:15 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Elastisitas harga adalah istilah ekonomi mikro yang memberitahukan seberapa sensitif permintaan suatu barang terhadap perubahan harga. Sementara hukum penawaran dan hukum permintaan menerapkan arah hubungan suatu produk antara harga dan kualitas, elastisitas harga memberitahu seberapa kuat hubungan itu. Dengan kata lain, ini menggambarkan kemiringan kurva penawaran dan permintaan.

Jika elastisitas harga tinggi, perubahan kecil dalam harga akan berdampak besar pada jumlah yang dibeli atau dijual. Jika rendah, bahkan perubahan harga yang signifikan mungkin tidak mengubah banyak volume penjualan. Secara matematis, elastisitas harga dari permintaan dinyatakan seperti ini :

%PERUBAHAN KUANTITAS%

PERUBAHAN HARGA =

ELASTISITAS HARGA PERMINTAAN

CONTOH 

Pernahkah memperhatikan bawa harga sebotol air di bandara jauh lebih tinggi dari pada di toko bahan makanan? Itu adalah elastisitas harga di tempat kerja. Karena kamu tidak diperbolehkan membawa air sendiri melalui keamanan, dan karena ada persaingan terbatas di bandara, pilihan terbatas.

Jika seseorang ingin sebotol air itu, akan lebih sensitif terhadap harga daripada saat berada di kota. Dengan kata lain, permintaan untuk sebotol air relatif tidak elastis. Dengan demikian pengecer dapat mendongkrak harga di  bandara dan masih menjual banyak air.

Cara menghitung Elastisitas harga

Elastisitas harga adalah rasio perubahan persentasi harga dan persentase perubahan kuantitas. Menghitungnya dengan membagi keduanya.

%PERUBAHAN JUMLAH/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan