Mohon tunggu...
Lutfi Taqwa
Lutfi Taqwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang ngedit

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Mencari Kebenaran Diri Sendiri

23 November 2022   10:09 Diperbarui: 23 November 2022   10:14 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. penerbit Brilliant

Judul               : A Hand Book For Self Awareness

Pengarang      : Astrid Savitri

Penerbit         : Brilliant

Tahun Terbit  : 2021

Tebal Buku     : x+198 Halaman

Ukuran           : 14 x 20 cm

Harga              : Rp. 59.000,-

Tidak ada seorang pun yang memiliki self-awareness sempurna. Banyak hal salah tentang diri sendiri yang tetap Pembaca yakini benar. Entah sedang melamar pekerjaan atau mengajak kencan gebetan, pembaca menghabiskan banyak waktu untuk membuat klaim tentang diri sendiri. Dan, ini masuk akal, sebab pembaca adalah satu-satunya orang di muka bumi yang tahu secara langsung setiap pikiran, perasaan, dan pengalaman yang pernah dilalui. Hanya saja, akses menuju pikiran sendiri terkadang menjadikan pembaca sebagai orang terakhir di muka bumi yang pikiran, perasaan, dan pengalamannya harus dipercayai orang lain. Kabar baiknya, orang lain hanya bisa melihat hal-hal yang tampak atau yang pembaca tunjukkan. Artinya, pembaca tetap menjadi orang yang paling mengenali diri sendiri dalam sifat sifat tertentu yang sulit diamati orang lain.      

Self-awareness adalah kemampuan untuk melihat diri sendiri secara jernih dan objektif melalui refleksi dan intropeksi. Ketika pembaca mampu melihat diri seseorang secara jelas dan objektif, pembaca akan menjadi lebih percaya diri dan lebih kreatif. Pembaca jadi bisa membuat keputusan lebih baik, membangun hubungan yang lebih kuat, dan berkomunikasi secara lebih kreatif. Seseorang akan cenderung tidak membohongi atau menipu orang lain, berbuat curang, dan hal-hal negatif lainnya. Dalam karier, pembaca mampu bekerja dengan lebih baik serta mendapatkan lebih banyak peluang bagus, juga menjadi leader yang lebih efektif.

Self-awareness sebenarnya bisa dicapai setiap orang, sayangnya kebanyakan dari pembaca hanya tahu sedikit soal meningkatkan keterampilan penting ini. Ada banyak mitos, penghalang, dan keyakinan salah tentang apa itu self-awareness dan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun