Mohon tunggu...
LUTFI SYAHWA SYAHRANI
LUTFI SYAHWA SYAHRANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1-Pariwisata Universitas Gadjah Mada

Saya suka berkemah, travelling, dan memasak!

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Rumah Atsiri Indonesia, Wisata Edukasi Tanaman Aromatik

20 Juni 2022   09:50 Diperbarui: 20 Juni 2022   10:05 235 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

  

Tawangmangu, sebuah daerah dataran tinggi di Jawa Tengah yang terkenal dengan daya tarik wisata alam yang indah, seperti air terjun, kebun teh, kebun buah, dan pemandangan perbukitan. Berbagai macam aktivitas yang biasa dilakukan yaitu camping, hiking, safari jeep, dan memetik stroberi. Namun, tahukah kamu jika di Tawangmangu terdapat wisata edukasi tanaman aromatik?

Ya, Rumah Atsiri Indonesia adalah jawabannya jika kamu ingin menikmati tur mengenai edukasi tanaman aromatik yang biasa digunakan sebagai bahan baku minyak atsiri

Rumah Atsiri Indonesia yang beralamat di Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah memiliki produk wisata antara lain berupa museum, taman aromatik, restoran, galeri, dan merchant shop. Selain itu Rumah Atsiri Indonesia memiliki rumah produksi minyak atsiri, lab dan training centre bagi pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai proses pembuatan minyak atsiri, dan penginapan berupa dengan model glamping.

Bulan Maret 2022 kemarin, saya dan kakak melakukan perjalanan ke Rumah Atsiri Indonesia dari Kota Yogyakarta. Perjalanan tersebut kami tempuh selama 3 jam dengan menggunakan sepeda motor. Cuaca pada saat itu mendung, kami bahkan kehujanan ditengah perjalanan.

Setibanya di Rumah Atsiri Indonesia pukul 15.00 kami buru-buru check-in tiket masuk yang sebelumnya sudah dipesan. Wisatawan diwajibkan melakukan reservasi secara online karena terdapat kebijakan pembatasan jumlah pengunjung per hari. Walaupun tidak ada batasan kapan maksimal waktu reservasi, namun saya sarankan untuk reservasi minimal satu hari sebelum waktu kunjungan. 

Harga tiket masuk ke area Rumah Atsiri Indonesia untuk satu orang pengunjung adalah Rp50,000,00. Tiket tersebut berbentuk voucher saldo yang dapat dipakai untuk melakukan tur museum, tur taman aromatik, workshop, menikmati sajian di Resto Rumah Atsiri, dan membeli merchandise. 

Namun jika saldo dalam voucher sisa, maka tidak dapat diuangkan. Harga tiket masuk untuk masing-masing spot beserta ketentuannya sudah dijelaskan lengkap di akun Instagram @rumahatsiri dan website rumahatsiri.com. Jika kurang jelas, jangan khawatir! Waiters dan waitress yang super ramah akan siap menyambut kalian dan menjelaskan detail ketentuan kunjungan sebelum memasuki area Rumah Atsiri Indonesia. 

Balik lagi ke cerita, kami diarahkan oleh waitress untuk langsung segera reservasi tur museum dengan menukarkan voucher, mengingat waktu yang sudah sore. 

Ohiya, Rumah Atsiri Indonesia buka dari jam 10.00 hingga jam 17.00. Waktu kedatangan kami yang mepet dari jam tutup cukup membuat ketarketir. Beruntung sekali kami masih mendapatkan dua slot untuk kloter terakhir untuk mengikuti tur museum. Kunjungan di museum dibatasi lima belas sampai dua puluh orang per kloter . 

Setelah melakukan reservasi, kami perlu menunggu kloter sebelumnya keluar dari area museum selama 15 menit. Kami memanfaatkan waktu untuk berfoto di area Plaza Mariegold yang menawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan