Mohon tunggu...
Lutfi Koto
Lutfi Koto Mohon Tunggu... Lainnya - Writer

Terverifikasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Motivasi dalam Belajar

17 Juli 2022   17:10 Diperbarui: 17 Juli 2022   17:14 113 16 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: morinagaplatinum.com

MOTIVASI DALAM BELAJAR

Pengertian Motivasi

Dalam belajar setiap peserta didik memerlukan prestasi untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Motivasi merupakan sesuatu yang dapat mendorong seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Jika pengertian motivasi dikaitkan dengan aspek pendidikan/pembelajaran seseorang, maka dapat dirumuskan sebagai kemauan peseta  didik  untuk  mengerjakan  tugas-tugasnya agar  tujuan  pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Teori Motivasi Dalam Belajar

Heckhausen, Motivasi dalam belajar merupakan sutau dorongan yang terdapat dalam diri perserta didik yang selalu berusaha atau berjuang untuk mengingkatkan atau memelihara kemampuan setinggi mungkin dalam semua aktivitas dengan menggunakan standar keunggulan, yaitu ;Standar keunggulan diri, standar keunggulan tugas, Standar keunggulan siswa lain. 

Sedangkan Atkinson mengemukakan bahwa diantara kebutuhan hidup manusia terdapat kebutuhan untuk berprestasi, yaitu dorongan untuk mengatasi hambatan, melatih kekuatan, dan berusaha untuk melakukan seuatu pekerjaan yang sulit dengan cara yang baik dan secepat mungkin. 

Semakin besar harapan seseorang terhadap suatu objek dan makin tinggi nilai objek itu bagi orang tersebut, maka semakin besar pula motivasinya.

Peranan Motivasi Dalam Belajar

a. Menentukan penguatan belajar

Motivasi dapat berperan dalam penguatan belajar apabila peserta didik dihadapkan pada suatu masalah yang memerlukan pemecahan, dan hanya dapat dipecahkan berkat pengalaman yang telah dilaluinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan