Mohon tunggu...
Lutfia Romadhoni
Lutfia Romadhoni Mohon Tunggu... lutfia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

semua amal perbuatan itu tergantung pada niat anda masing-masing !

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Sistematika Filsafat (Ontologi, Epistomologi, dan Aksiologi) dalam Bidang Pendidikan

11 Maret 2020   17:58 Diperbarui: 10 April 2020   18:48 8 0 0 Mohon Tunggu...

assalamualaikum wr.wb

salam sejahtera bagi kita semua, disini saya akan menjelaskan tengtang filsafat pendidikan lebih tepatnya menjelaskan sebuah materi dengan tema antologi, epistomologi, dan aksiologi dalam dunia pendidikan. sebelum kita membahas itu semua saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa  pengertian filsafat itu ? dan apa pengertian filsafat pendidikan itu ? dan manfaat mempelajari filsafat.

filsafat berasal dari bahasa yunani " filos" artunya cinta dam " sofia" asrtinya kebijaksanaan . kemudian jika diartikan secara luas adalah filsafat diartikan sebagai ilmu yang mengkaji atau membahas segala sesuatu dan universal adalah kebenaran umum sedangkan artinya sistematis itu berturut-turut. 

pendidikan itu dapat pula diartikan sebagai belajar tentang ilmu pengetahuan menjadikan sesuatu yang awalnya tidak tau menjadi tau, budaya masyarakat yang dilakukan terus- menerus melalui proses pengajaran dan proses penelitian. maka dari itu kesimpulannya berarti filsafat pendidikan adalah ilmu yang membahas , mengkaji, atau mempelajari mengenai sebuah hakikat pembelajaran.

kemudian saya akan menjelaskan lagi tentang satu demi dari ontomologi, epistomologis, dan aksiologis dalam dunia pendidikan. yang pertama saya akan menjelaskan satu persatu dari ontologi pendidikan ?

ontologi pendidikan artinya yaitu adalah segala sesuatu yang baik yang ada maupun tidak ada dan tetapi bisa di pikirkan. segala sesuatu yang ada di alam semesta itu dapat dijadikan sebagai objek kajian .

jadi ontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang benar-benar nyata terjadi. contohnya dalam hal kita berpikir sesuatu yang terjadi pada hari ini dan benar-benar sudah terjadi, bukan memikirkan sesuatu yang akan terjadi pada hari selanjutnya karena itu belum tentu terjadi dan itu disebut dengan mitos. 

kemudian arti epistomologi yaitu berasal dari dua kata epis dan logos. epis yang berarti cara memperoleh pengetahuan dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. epistomologis ini pendidikan sangat karena metode ini dibutuhkan untuk memecahkan suatu masalah. 

kemudian yang terakhir aksiologis yang berasal dari dua kata aksio dan logos. aksio yang artinya nilai dan logos mempunyai arti teori. jadi aksiologis yaitu teori atau ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai. teori aksiologi itu ada dua yaitu etika dan estetika , etika sendiri yaitu artinya perilaku, moral, dan adat kebiasaan. sedangkan estetika yaitu sesuatu yang  berhubungan dengan hal hal kesenian.

VIDEO PILIHAN