Mohon tunggu...
Lusitania Margretha
Lusitania Margretha Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA SMP di Kalimantan Tengah

Hobi membaca dan mengisi waktu dengan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pemanfaatan Alat Peraga sebagai Media Pendukung Pembelajaran

30 Juli 2022   00:58 Diperbarui: 30 Juli 2022   01:01 78 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pendahuluan

Ilmu Pengetahuan alam adalah ilmu yang lahir berdasarkan berbagai fenomena, penyelidikan dan penelitian yang telah diuji. Ilmu pengetahuan alam dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah dan sikap ilmiah. Setiap konsep dan prinsip ditemukan melalui pembuktian.

Namun cukup banyak materi dan konsep dalam pembelajaran IPA yang masih bersifat abstrak bagi pemikiran siswa khususnya siswa SMP. 

Artinya, konsep yang diajarkan belum cukup untuk dapat dipahami oleh siswa dengan mereka-reka saja. Pemahaman tidak akan mudah didapatkan hanya dengan berimajinasi. Sehingga diperlukan media pendukung untuk memfasilitasi, apa saja yang belum dapat tersampaikan secara nyata kepada siswa.

Banyaknya pilihan media pembelajaran, menuntut guru yang mengajar agar mampu menentukan media yang tepat untuk menunjang proses belajar menyesuaikan dengan kondisi siswa, lingkungan sekolah dan sarana prasarana yang dimiliki sekolah.

Isi

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pengertian aktivitas adalah keaktifan, kegiatan, kerja atau salah satu kegiatan kerja yang dilaksanakan di tiap bagian di dalam perusahaan. Aktivitas belajar merupakan segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi (guru dan siswa) dalam rangka mencapai tujuan belajar. 

Dalam mengoptimalkan aktivitas belajar, perlu motivasi yang merupakan langkah awal agar siswa siap menerima pembelajaran apapun. Ketika siswa melaksanakan aktivitas belajar tanpa motivasi sama seperti orang yang berjalan atau berlari tanpa tenaga, sulit untuk bergerak maju bahkan mungkin saja akhirnya hanya bergerak ditempat sehingga tujuan dalam pembelajaran tidak dapat tercapai.

Meningkatkan motivasi belajar juga berkaitan dengan minat siswa. Guru perlu mencari cara agar siswa dapat tertarik untuk menyimak setiap yang disampaikan dalam pembelajaran. Meningkatnya minat siswa berbanding lurus dengan peningkatan hasil belajar yang diharapkan akan terus naik.

Media pembelajaran merupakan komponen yang cukup berpengaruh dalam mendukung proses belajar ini. Di era yang serba digital sekarang ini, media pembelajaran digital merupakan pilihan yang menarik bagi guru dalam menyajikan materi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan