Mohon tunggu...
Humaniora

Macam-macam Gaya Belajar Siswa

2 April 2018   19:18 Diperbarui: 2 April 2018   19:20 700 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setiap siswa memiliki model gaya belajar masing-masing, biasanya gaya belajar siswa diketahui saat pembelajaran berlangsung didalam kelas atau dilakukan dengan menggunakan tes. Guru harus bisa memahami semua karkteristik siswanya agar guru dapat memahami bagaimana cara siswa itu belajar, dan memahami gaya belajar siswa masing-masing. gaya belajar pada siswa merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar di kelas. Setelah siswa menemukan gaya belajar dan mengetahui metode terbaik untuk membantu dalam belajarnnya. sehingga guru bisa mengembangan gaya belajar siswanya masing-masing dengan menggunakan gaya belajar yang berbeda-beda dan menggunakan cara yang berbeda-beda setiap individu.

Gaya belajar adalah variasi cara yang dimiliki seseorang untuk mengakumulasi serta mengasimilasi informasi. Pada dasarnya, gaya belajar adalah metode terbaik yang memungkinkan dalam mengumpulkan dan menggunakan pengetahuan secara lebih mudah. Maksud dari pengertian ini, bahwa setiap orang memiliki gaya belajar yang bervariasi atau mengetahui informasi dengan cara yang berbeda-beda, tidak semua orang memiliki gaya belajar yang sama.

 Macam-macam gaya belajar bisa di ketahui yaitu, gaya belajar kinesteti, gaya belajar Visual, dan gaya belajar Auditori.

  • Gaya belajar Visual, yaitu gaya belajar menggunakan alat penghindraan seperti penglihatan atau mata, belajar dari berbagai gambar, warna, bentuk. Siswa mampu belajar dengan menggunakan gambar atau slide yang ada gambarnya baru siswa mudah memahaminya. Ciri-ciri siswa yang mempunyai  gaya belajar Visual, lebih suka membaca sendiri daripada dibacakan oleh temannya, suka mengambar dengan bagus dan mewarnai dengan memadukan warna, lebih suka kegiatan muhadhoroh, pidato, lebih mudah menginggat dari hal yang dilihatnya.
  • Gaya belajar Kinestetik, yaitu gaya belajar yang menggunakan cara fisik dan melibatkan aktivitasnya secara langsung, biasanya gaya belajar ini menggunakan gerakan tubuh, sentuhan dan merasakannya sendiri, misal pada gaya belajar kinestikan siswa suka dengan olahraga secara langsung atau langsung ke lapangan, siswa belajar dengan tidak bisa tenang selalu ada cara untuk belajar. Ciri-ciri siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik, tidak terlalu mudah terganggu  dengan suasana yang rame, suka belajar dengan pratek langsung, menyukai permainan, dan mengahafal dengan cara berjalan atau tidak bisa diam saat belajar.
  • Gaya belajar Auditori, gaya belajar ini menggunakan alat indera pendengaran, siswa yang mempunyai gaya belajar Auditori ini mengandalkan kesuksesannya dengan menggunakan telinga, misal siswa yang mempunyai gaya belajar auditori suka berdiskusi verbal dan siswa mudah memahami apa yang dikatakan guru memalui pendengarannya. Ciri-ciri siswa yang mempunyai gaya belajar Auditori, mudah terganggu oleh keributan (kebalikan dengan gaya Kinestetik), belajar dengan menggunakan lantunan suara yang keras dan dengan mendengarkan, belajar dengan cara mendengarkan, dapat mengulangi kembali atau menirukan nada apa yang didengarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan