Mohon tunggu...
Lusi Hikmawati
Lusi Hikmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Usaha, doa, dan tawakal

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa UNS Jalankan Program KKN dalam Pencegahan Covid-19

8 Juli 2020   12:05 Diperbarui: 8 Juli 2020   11:57 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNS Jalankan Program KKN dalam Pencegahan Covid-19
Dok. pribadi

Covid-19 dinyatakan pandemi hingga aktivitas keseharian masyarakat dianjurkan sesuai dengan protokol kesehatan. Peran mahasiswa turut hadir dalam kegiatan KKN UNS Era Covid-19 ini untuk melakukan pencegahan Covid-19 di daerah masing-masing. Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 dilakukan oleh Lusi Hikmawati mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, UNS yang menjalankan serangkaian program kerja KKN di Desa Garon RT 01/RW 04, Kaliancar, Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah.

Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 yang dijalankan di Desa Garon RT 01 diharapkan mampu mendorong pemahaman masyarakat dalam melakukan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan social distancing dan pentingnya melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 dilakukan pada tanggal 15 Mei -- 30 Juni 2020. Adapun program KKN UNS Era Covid-19 yang telah dijalankan diantaranya penyebaran informasi tentang Covid-19 dalam bentuk infografis melalui sistem daring berupa WhatsApp Group Ibu-ibu dan Karang Taruna Desa Garon RT 01. Program lain yaitu pemasangan spanduk mengenai pencegahan Covid-19 di jalan utama Desa Garon dan ajakan untuk memanfaatkan tanaman di pekarangan rumah sebagai kegiatan positif selama pandemi Covid-19. Program lainnya yaitu pengadaan cuci tangan di tempat umum dan mempraktikkan 6 langkah cara cuci tangan serta pembagian dan edukasi penggunaan masker kepada masyarakat Desa Garon.

Hasil adanya kegiatan KKN UNS Covid-19 ini menjadikan masyarakat Desa Garon lebih memahami pencegahan Covid-19 dengan menerapkan gerakan social distancing dan lebih peduli terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Harapan lainnya yaitu mampu membantu masyarakat lebih tanggap dan terus berpartisipasi aktif sehingga mampu memutus rantai persebaran Covid-19. Tanggapan masyarakat Desa Garon terhadap upaya pencegahan Covid-19 melalui kegiatan KKN ini menjadi bermanfaat untuk dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dan berharap Covid-19 segera berakhir.

VIDEO PILIHAN