Mohon tunggu...
Lusia Novita
Lusia Novita Mohon Tunggu...

Ingin Sukses!

Selanjutnya

Tutup

Muda

Jerawat di Bibir

3 April 2014   01:14 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:09 953 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jerawat di Bibir
13964374102105164961

Pernah nggak ngerasain ada sesuatu benjolan di bibir atau lidahmu. Benjolan kecil tersebut akan sakit jika kita sedang makan sesuatu. Orang-orang lebih sering menyebut sariawan, tapi kalau aku menyebutnya jerawat bibir hehehe. Sariawan itu kalo orang-orang ilmiah nyebutnya canker sores yaitu luka terbuka di dalam mulut yang menyebabkan nyeri ketika mulut bergerak. Sariawan di sebabkan karna kekurangan vitamin C. Cukup wajar jika anak-anak remaja sekarang sering mengalami sariawan karna kebanyakan dari mereka tidak suka sayuran dan lebih menyukai makanan cepat saji yang  garing renyah crispy deh. Kenapa bisa sariawan? jawaban yang lebih spesifik lagi penyebab sariawan selain kekurangan vitamin C adalah karna faktor keturunan, bisa juga karna luka di mulut ketika kita tanpa sadar menggigit lidah atau bibir bagian dalam. Selain itu juga pada perempuan yang sedang menstruasi, kondisi hormon mereka juga ikut mempengaruhi.

Kita tidak perlu khawatir karena sariawan bukan penyakit menular dan berbahaya. Tentu saja ada cara pencegahan agar kita tidak terkena sariawan. Selalu membersihkan mulut dan gigi. Biasanya banyak anak-anak yang suka jarang gosok gigi lantaran berbagai macam alasan. Ada yang bilang karna ketiduran, lupa, dan yang paling parah adalah malas. Jika kita rajin sikat gigi dan merawat mulut itu bukan hanya untuk mencegah sariawan tetapi juga berguna bagi kesehatan kita. Namun ketika menggosok gigi usahakan jangan terlalu kuat tapi dengan hati-hati agar tidak mengores mulut bagian dalam sehingga dapat menyebabkan sariawan juga. Terus ketika kita juga harus mengindari makan makan yang panas. Kita sering makan yang panas karna ketika baru matang itu rasanya enak kalau langsung di makan. Mulai sekarang kita biasakan untuk menunggu biar makanan tersebut agak dingin jadi tidak terlalu panas ketika kita memakanya.

Banyak jenis obat yang dapat menyembuhkan sariawan ada tradisional ada juga yang kimia. Kita bisa minum air kelapa, yogurt, papaya dengan cara menepelkan pada sariawan tersebut, mengunyah daun jambu biji , minum jus tomat dan masih banyak lagi. Bisa juga dengan makanan kaya zat besi seperti sereal, lalu minum vitamin C.

Saya juga sering mengalami sariawan, biasanya saya sering kena omel mama sama papa karna merka bilang saya kurang makan sayur sering makan gorengan panas dalam makanya jadi  sariawan. Terus sama mama di suruh minum susu Bear Brand sama larutan cap kaki tiga juga bisa minum akar alang-alang. Jadi kita beli akar alang-alang yang biasa di jual di pasar, cuci lalu rebus dengan gula biar ada rasanya, kemudian kita minum.

Sumber: http://sariawan.org/ dan http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/09/obat-sariawan-tradisional.html

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x