Mohon tunggu...
Luqyana Izzati Kartika Utama
Luqyana Izzati Kartika Utama Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PWK UNIVERSITAS JEMBER

Kota yang padat penduduk akan terus bertambah, jika tidak di kelola dengan baik akan menjadi lingkungan kumuh.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

UMKM Bersemi di Kota Pasuruan

14 September 2022   16:52 Diperbarui: 14 September 2022   17:04 118 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kota Pasuruan merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur, namun memiliki prospek yang strategis untuk menaikkan perekonomiannya. UMR yang berbanding terbalik dengan Kabupaten Pasuruan, banyak warga kota yang berbondong bondong untuk bekerja di Kabupaten Pasuruan. 

Padahal jika kita bisa mengelola sumber daya di Kota Pasuruan seperti meningkatkan industri dan kualitas dibidang pertanian serta UMKM mampu memberikan kontribusi untuk menaikkan perekonomian di Kota Pasuruan. 

Pada tahun ini Pemerintah Pasuruan mulai menggalakkan UMKM di Kota Pasuruan seperti mengadakan seminar, pameran, festival serta menyisihkan tempat di MPP (Mall Pelayanan Publik) untuk UMKM menjajakan barangnya. Kegiatan ini cukup memberikan hasil yang efektif untuk menaikkan perekonomian di Kota Pasuruan. 

MPP (Mall Pelayanan Publik) yang terletak di Jalan Wahid Hasyim dan tidak jauh dari  alun alun Kota Pasuruan. MPP ini merupakan salah satu fasilitas di Kota Pasuruan untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus berbagai keperluan seperti mengurus perpanjangan SIM, membuat e-KTP, BPJS, Akta Kelahiran, Investasi serta sebagai sarana untuk UMKM dalam meningkatkan penjualan serta mempromosikan UMKM nya. 

Disana juga sering digunakan sebagai wadah sharing masyarakat, pembahasannya pun beragam dan menarik seperti bagaimana cara untuk mempromosikan produk dengan benar, produk UMKM apa yang sedang digandrungi masyarakat serta untuk menambah relasi dan memperluas jaringan dalam memperkenalkan dan menjualkan produk UMKM.

Salah satu produk UMKM yang menarik adalah sirup herbal yang diproduksi oleh hegarjayamu49, sebut saja Ibu Heny beliau merupakan ibu rumah tangga dan pemilik UMKM hegarjayamu49. Ibu Heny tidak hanya menjual sirup herbal namun minuman ringan yang saat ini juga digandrungi masyarakat pasuruan yaitu milky jelly yang lezat. 

Sirup herbal ini berawal dari masa pandemi yang dimana banyak orang sakit untuk terhindar dari pandemi covid tersebut salah satunya yaitu kita harus mengebalkan imunitas kita, dari situ Ibu Heny dan saudarinya membuat terobosan baru dalam obat herbal yang bisa dikonsumsi secara efektif dan efisien, menurut testimoni dari para pembeli banyak pembeli yang merasakan efeknya untuk menaikkan kekebalan imunitas. 

Sekitar bulan Maret 2022 lalu, kota Pasuruan menggelar pameran produk UMKM, tepatnya di gedung Harmonie. Pameran dibuka oleh Wali Kota Pasuruan, Saifra Yusuf (Gus Ipul). Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk merevitalisasi perekonomian di tengah pandemi. 

Gus Ipul dan Mas Adi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membeli produk UMKM dari Kota Pasuruan, dengan menampilkan ikon-ikon industri mebel, industri logam, industri makanan, kerajinan dan produk lokal yang layak dipamerkan. Pemerintah Kota Pasuruan akan lebih banyak mendorong acara pameran UMKM di masa yang akan datang. 

Gus Ipul juga mengatakan, Pemkot Pasuruan menyiapkan banyak event tahun ini karena pariwisata merupakan penggerak ekonomi dari kota Pasuruan ke kota Madinah. “Event dan pariwisata adalah bagian dari mesin ekonomi. Pelan-pelan, kita ingin Pasuruan menjadi kota Madinah, tempat ekonomi tumbuh, kotanya asri dan masyarakatnya rukun,” kata Gus Ipul saat pembukaan pameran UMKM 2022. 

Pada Pameran tersebut tidak lupa juga menampilkan kegiatan berbagai produk UMKM Pasuruan. Diantaranya kopi Kaspandi, aneka minuman tradisional, selai bandeng, jajanan, pewarna ikat, busana dan berbagai karya kreatif warga Pasuruan. Kegiatan Pameran tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan jazz bertema Pas Jazz Harmony yang menampilkan artis dari ibu kota Tori Utami, Shodik dan Topati, serta artis lokal dari Kota Pasuruan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan