Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar Seumur Hidup

Nomine Best in Opinion 2021 dan 2022 | Penulis amatir yang tertarik pada isu sosial-budaya, lingkungan dan gender | Kontak : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Empat Pelajaran Berharga yang Saya Dapatkan dari Berorganisasi

22 Desember 2021   10:03 Diperbarui: 23 Desember 2021   02:35 1632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa sedang rapat organisasi. Sumber: Thinkstockphotos via Kompas.com

Ada stigma yang melekat pada anak organisasi, seperti jarang masuk kelas, sukanya ikut demo, kuliahnya keteteran dan IPK nya jelek. Masa sih? 

Sebagai seorang yang sejak kecil terbiasa aktif di berbagai kegiatan di luar sekolah, ketika kuliah pun saya tentu tidak mau kalau cuma jadi mahasiswa kupu-kupu (kuiiah pulang kuliah pulang). Ya, minimal saya bisalah ikut dan berkontribusi di satu organisasi.

Bagi saya itu lebih baik daripada ikut banyak organisasi tapi tidak fokus dan maksimal (baik di organisasinya maupun kuliah). Tapi saya juga tidak menyalahkan teman-teman yang bisa ikut banyak organisasi dan tetap bekerja secara maksimal serta masih bisa mengamankan nilai akademiknya.

Ada banyak organisasi di kampus yang bisa kita ikuti, baik di tingkat fakultas maupun universitas, seperti BEM, himpunan mahasiswa, organisasi keagamaan, pers mahasiswa, kelompok studi dan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kita bebas memilih organisasi apa yang sesuai dengan minat kita.

Waktu masih jadi mahasiswa saya pernah mengikuti dua organisasi, yaitu BEM Fakultas Ekonomi dan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI). Di KSEI lah saya diamanahi sebagai pengurus harian Divisi Penelitian dan Pengembangan Wawasan Intelektual (PPWI). 

Meskipun melelahkan, saya senang menjalaninya. Bukan hanya karena sesuai dengan minat saya melainkan juga faktor internal organisasi yang positif, solid dan sudah seperti keluarga sendiri. Sampai sekarang pun saya masih menjalin komunikasi dan silaturahim dengan mereka.

Selain itu, dengan berorganisasi saya bisa belajar banyak hal yang tidak diperoleh di dalam kelas. Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut hal-hal yang saya pelajari selama berorganisasi.

1. Kedisiplinan dan manajemen waktu

Menyeimbangkan antara kuliah dan organisasi memang gampang-gampang susah. Apalagi dengan posisi saya sebagai pengurus yang tentu punya tanggung jawab lebih banyak daripada anggota.

ilustrasi rapat organisasi-photo by Anna Shvets from pexels
ilustrasi rapat organisasi-photo by Anna Shvets from pexels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun