Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar Seumur Hidup

Nomine Best in Opinion 2021 dan 2022 | Penulis amatir yang tertarik pada isu sosial-budaya, lingkungan dan gender | Kontak : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Buku-buku yang Menemani Masa Kecil Saya

18 Mei 2021   10:17 Diperbarui: 18 Mei 2021   10:37 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi anak kecil sedang membaca buku cerita | photo by Lina Kivaka from pexels

Bagi sebagian orang, membaca adalah kegiatan yang kurang menarik dibanding kegiatan lain seperti bermain game online, bermain musik, menyanyi, menggambar dan kegiatan-kegiatan luar ruangan. Tapi tidak demikian untuk saya. Bagi saya, membaca itu semacam rekreasi dari riuhnya rutinitas.

Bahkan membaca bukan lagi sebuah hobi melainkan sudah menjadi kebiasaan yang masih terpelihara hingga saat ini.

Kebiasaan ini tidak lepas dari pengaruh keluarga, terutama kakek dan ayah saya.

Kakek saya, baik dari pihak ayah maupun ibu, dulunya adalah seorang guru. Membaca telah menjadi makanan sehari-hari pendamping nasi.

Ayah saya telah menghiasi rumah kami dengan buku-buku, koran-koran dan majalah-majalah. Beliau menggemari buku-buku sejarah dan sastra. Di kemudian hari, ketika saya lebih dewasa (masa SMA), barulah saya menekuni buku-buku tersebut. Meski belum semua saya baca. 

ilustrasi buku-buku milik ayah yang saya baca saat saya lebih dewasa. Sebenarnya masih banyak lagi koleksi buku-buku beliau | dokpri
ilustrasi buku-buku milik ayah yang saya baca saat saya lebih dewasa. Sebenarnya masih banyak lagi koleksi buku-buku beliau | dokpri
Waktu saya masih kecil, ayah dan ibu suka membelikan saya majalah anak-anak dari loper koran langganan yang biasa lewat di perumahan kami.

Saat itu saya suka sekali membaca Majalah Bobo.  Rubrik cergam Oki dan Nirmala, Bona dan Rong-Rong, komik Donal Bebek, cerpen, pengetahuan adalah rubrik-rubrik favorit saya.

Oiya, saya juga suka mengisi soal-soal di rubrik "Untuk Latihan Di Rumah". Isinya adalah soal-soal mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS. Tersedia soal-soal dari mata pelajaran kelas 1-6 SD.

Selain itu, saya suka baca buku-buku cerita rakyat, seperti Malin Kundang, Legenda Tangkuban Perahu, Legenda Rawapening, Si Pahit Lidah, Roro Jonggrang dan sebagainya. Sampai punya buku-bukunya. Tapi sekarang sudah tidak ada karena sudah pindah tangan (dihibahkan ke orang lain).

Cerita-cerita dari dunia pewayangan yang kerap dinukil dari kitab Mahabarata dan Ramayana juga tidak kalah menarik. Kisah leluhur para Pandawa dan Kurawa, Drupadi yang dipertaruhkan saat Yudistira kalah dalam permainan dadu, persaingan antara Pandawa dan Kurawa yang mencapai puncaknya pada Perang Baratayudha, kepahlawanan Gatotkaca, pertarungan Arjuna dan Karna yang ternyata saudara seibu, Parikesit dan sebagainya.

Pertama kali mengenal cerita pewayangan dari pelajaran bahasa Jawa yang saya peroleh di bangku Sekolah Dasar. Cerita pewayangan juga masih dimasukkan dalam bahan ajar bahasa Jawa sampai saya SMA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun