Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Long-life learner

Lahir 1 September 1994 | Perempuan Introvert | Suka membaca, menulis, dengar musik, berenang | Amatiran yang masih belajar menulis | kunjungi : https://lunaseptalisa.wordpress.com/ (blog pribadi) | email : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Hati-hati dengan Pengeluaran-pengeluaran Kecil!

14 Agustus 2020   11:18 Diperbarui: 15 Agustus 2020   22:01 1608 38 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hati-hati dengan Pengeluaran-pengeluaran Kecil!
photo by Karolina Grabowska from pexel

"Hati-hati dengan pengeluaran kecil, karena keretakan kecil dalam kapal besar sekalipun dapat menenggelamkan kapal tersebut"

-Benjamin Franklin-

Kalau bicara tentang uang dan keuangan, pembahasan-pembahasan yang melekat pasti tidak akan jauh-jauh dari profil uang itu sendiri, seperti jenis uang, manfaat uang hingga cara mengelola dan merencanakan keuangan yang sehat. Ada banyak buku, video di YouTube dan artikel di internet yang menjelaskan tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan. 

Berbagai strategi dan formula pengelolaan keuangan pun bermacam-macam. Ada yang menggunakan prinsip 50-20-15-5 dimana 50% dari penghasilan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, 20% untuk dana darurat atau ditabung, 15% untuk investasi dan 5% untuk kegiatan amal. Selain itu, ada pula yang menerapkan prinsip 60-30-10, 50-30-20, 50-40-10 dan berbagai macam prinsip lainnya. 

Terserah Anda mau menggunakan prinsip yang mana. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan. Karena mau prinsip apapun yang Anda gunakan, tujuannya sama saja, yaitu untuk melatih Anda menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan. 

Salah satu tips pengelolaan keuangan yang sering ditekankan adalah mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran kita sehari-hari. Pencatatan ini akan berguna sebagai bahan evaluasi pengeluaran mana saja yang sering over budget sehingga kita dapat menemukan solusi untuk menekan pengeluaran pada pos-pos tersebut. 

Disadari atau tidak, kita sering kali meremehkan pengeluaran-pengeluaran kecil yang nilainya tidak seberapa. Namun jika pengeluaran-pengeluaran tersebut diakumulasi dalam sebulan atau bahkan setahun, nilainya lumayan menguras kantong. 

"Ah, cuma seribu doank sih kecil. Nggak bikin miskin juga"

Bilangnya sih begini, tapi ketika uang yang dimiliki tahu-tahu sudah habis duluan sebelum waktunya, baru deh bingung uangnya lari ke mana. 

Nah, kalau sudah begini, jangan lupa dicek juga, adakah pengeluaran-pengeluaran kecil yang sering dilakukan? Seberapa sering Anda melakukannya dalam seminggu atau sebulan? Memangnya apa saja sih pengeluaran-pengeluaran kecil yang sering kita remehkan dan luput dari perhatian? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN