Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Long-life learner

Lahir 1 September 1994 | Perempuan Introvert | Suka membaca, menulis, dengar musik, berenang | Amatiran yang masih belajar menulis | kunjungi : https://lunaseptalisa.wordpress.com/ (blog pribadi) | email : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Benarkah Privilege Hanya Milik Orang Kaya?

19 Juli 2020   10:14 Diperbarui: 19 Juli 2020   10:16 251 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Privilege Hanya Milik Orang Kaya?
image by Arek Socha from pixabay

Kalau ada anak orang kaya, sukses di usia muda, lalu membagikan kisah suksesnya kepada publik, apa reaksi Anda? Terkesan atau biasa saja? Bagaimana jika pencapaian yang sama diraih oleh seorang anak muda dari keluarga miskin? Apakah Anda akan lebih terkesan dengan anak muda sukses yang berasal dari keluarga miskin tersebut? 

Putri Indahsari Tanjung atau biasa kita kenal dengan Putri Tanjung, salah satu stafsus milenial Presiden Jokowi yang paling muda ini usianya baru 23 tahun. Namun di usia yang masih muda itu, Putri juga telah menjadi Founder dan CEO Creativepreneur dari Chief Business of Creative. 

Ayunda Faza Maudya atau yang lebih dikenal sebagai Maudy Ayunda, adalah seorang aktris dan penyanyi muda berbakat tanah air yang banyak dikagumi karena pencapaiannya, baik di dunia hiburan maupun pendidikan. 

Maudy Ayunda juga berasal dari keluarga kaya sehingga mampu mendapatkan akses pendidikan yang tidak mampu diperoleh rakyat jelata seperti kita (hah? kita? saya aja ding). Boro-boro sekolah di sekolah internasional dan kuliah di Stanford, bisa kuliah dan dapat gelar sarjana aja udah Alhamdulillah. 

Namun rupanya, kesuksesan mereka ini kadang suka dinyinyirin oleh beberapa orang karena dianggap hanya memanfaatkan privilege. Privilege karena anak orang kaya. Privilege karena dianggap bahwa yang mereka dapatkan adalah hasil kerja bapaknya sehingga dia tinggal melanjutkan. 

Persis seperti yang dialami Putri Tanjung yang merupakan anak dari bos CT Corp, Chairul Tanjung. Putri Tanjung, Maudy Ayunda dan anak-anak muda sukses lain di luar sana yang berasal dari keluarga kaya, dianggap cuma memanfaatkan privilege tanpa perlu kerja keras kayak orang-orang kebanyakan yang perjuangannya sampai berdarah-darah untuk bisa naik kasta. 

Apa Itu Privilege? 

Privilege atau privilese, menurut kamus Oxford Advanced Learner's Dictionary adalah "a special right or advantage, available only to a particular person or group of people." Terjemahan ngawurnya kurang lebih adalah "hak istimewa atau keuntungan yang hanya bisa didapatkan oleh seorang atau sekelompok orang tertentu."  

Privilege ini biasanya suka diidentikan dengan kekayaan, kepopuleran, kekuasaan yang dimiliki seseorang sehingga ia bisa mendapatkan akses atau kemudahan yang biasanya nggak dimiliki oleh banyak orang. 

Apakah Salah Jika Seseorang Memanfaatkan Privilege yang Dimilikinya?

Putri Tanjung-www.cnbcindonesia.com
Putri Tanjung-www.cnbcindonesia.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x