Mohon tunggu...
lumban kuncoro
lumban kuncoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - akun ini dibuat untuk memenuhi tugas yang sedang saya jalani

mohon maaf kalau ada kekurangan dalam penulisan saya, terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Singapura di Bidang Ekonomi Digital Tahun 2017

18 Oktober 2021   10:26 Diperbarui: 18 Oktober 2021   10:30 84 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

           Pada era globalisasi, teknologi dan informasi menjadi tidak terbatas bagi siapapun, dimanapun dan kapanpun. Globalisasi inipun tidak dapat dicegah untuk masuk kedalam kehidupan bermasyarakat. Melalui internet, akses-akses tersebut dapat didapatkan dengan mudah. Faktor tersebut juga menjadi salah satu dorongan terbentuknya hubungan diluar wilayah suatu negara. Melalui teknologi internet, masing-masing dari kita dapat mengetahui kondisi dan juga situasi yang ada di negera lain pada saat ini, sehingga dapat menciptakan suatu pandangan yang baik maupun buruk dalam pandangan pada suatu negara dan hal itu dipengaruhi oleh informasi apa yang dimuat oleh masing-masing negara.

           Disinilah kita masuk dalam tahapan industri 4.0 yang sangat memanfaatkan internet. Industri ini sangat erat kaitan nya dengan peran internet sehingga data, produk, dan juga transaksi dapat dilakukan melalui internet sehingga membentuk suatu proses ekonomi yang dapat memudahkan masyarakat untuk bertransaksi dalam bentuk online.

           Melalui jaringan internet, pasar bagi pelaku ekonomi mencakup seluruh dunia dan tanpa batas waktu dan tempat. Penggunaan ekonomi digital sendiri sudah sangat erat dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan Singapura. Contohnya penggunaan aplikasi e-commerce seperti Go-Jek, Grab, Lazada dan aplikasi uang digital yang saat ini marak digunakan dan besar kemungkinan penggunaan uang digital tersebut dapat menggantikan uang kertas dimasa yang akan datang.

            Dalam bidang ekonomi digital inilah negara-negara pada saat ini berorientasi dalam mengembangkan ekonomi nya. Indonesia dan Singapura merupakan negara yang memiliki letak geografis yang sangat dekat, juga memiliki batas wilayah yang saling terhubung. Kedekatan kedua negara pun sudah terjalin cukup lama dimulai dengan terjalinnya hubungan bilateral resmi pada tahun 1967.

            Hal inilah yang dijalin oleh Indonesia dan Singapura pada tahun 2017, melalui program pelatihan keterampilan ekonomi digital. Melalui kerjasama internasional dengan Singapura, target meningkatnya kualitas ekonomi digital tersebut dicanangkan. Program ini menjadi penanda hubungan erat kerjasama antara Indonesia dan Singapura.

            Dalam kerjasama ini, terdapat Momerandum Saling Pengertian (MSP) yang disepakati oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Politeknik Singapura mengenai program pelatihan keterampilan ekonomi digital.

            Dengan kondisi kualitas digital yang memadai dan rekam jejak hubungan yang baik, Singapura merupakan mitra paling strategis bagi Indonesia untuk membangun hubungan kerjasama dalam bidang ekonomi digital. Harus diakui bahwa kualitas digital Indonesia berada dibawah Singapura apabila kita lihat dari kualitas digital seperti internet dan penggunaan fasilitas digital lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

            Bagi Singapura yang telah memiliki literasi dan fasilitas yang lebih baik, program ini mempererat hubungan dengan Indonesia yang memiliki potensi sumber manusia yang besar sekaligus menjaga citra baik negara dalam penerapan digital negara tersebut.

            Salah satu faktor yang menjadi kendala adalah belum memadainya undang-undang atau regulasi dalam bidang digital ekonomi. Hal ini dibenarkan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Menurut dia, kebijakan pemerintah yang masih berbelit-belit dan sering berubah-ubah membuat para pelaku usaha rintisan atau startup harus berusaha sendiri. Bahkan tak hanya itu, skema peraturan yang tidak mereka ketahui membuat perkembangan industri ini jadi melambat.

Hubungan Bilateral Indonesia dengan Singapura

            Indonesia dan Singapura merupakan negara dengan kondisi georgrafis yang berdekatan, batas negara yang saling terhubung dan juga memiliki latar belakang sejarah yang dekat. Singapura merupakan wilayah ujung selatan dari malaya, yang pertama kali dijalankan pemerintahan oleh Sang Nila, pangeran asal Sriwijaya yang sempat berpusat di wilayah Palembang dan melarikan diri ketika Sriwijaya diserang oleh kerjaan Chola dari India.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan