Mohon tunggu...
Luluk Maruroh
Luluk Maruroh Mohon Tunggu... guru

Seorang guru di TK Kartika IX-39

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menuju Guru Memesona Abad 21 Melalui PPG Daljab

22 November 2020   12:19 Diperbarui: 24 November 2020   18:26 9 1 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku muali tahun 2005(Wikipedia)

Dalam surat kementrian pendidikan dan kebudayaan yang ditanda tangani oleh direktur pendidikan profesi dan pembinaan guru dan tenaga kependidikan terdapat Pemberitahuan Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020.Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2020 akan mulai dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi yang memiliki Program Studi Pendidikan Profesi Guru yang telah ditetapkan oleh Menteri. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2020 ini menggunakan kurikulum yang telah disempurnakan dengan tujuan untuk menghasilkan guru profesional yang dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Sasaran pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2020 ini sejumlah 24.000 guru.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami sampaikan beberapa hal terkait dengan persiapan dan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan sebagai berikut.

  1. PPG Dalam Jabatan tahun 2020 akan dilaksanakan oleh 61 Perguruan Tinggi yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan ketersediaan Bidang Studi, Dosen, dan jumlah peserta PPG per bidang studi (daftar perguruan tinggi sebagaimana Lampiran 1).
  2. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2020 akan dimulai pada bulan Agustus tahun 2020 yang dibagi dalam 3 (tiga) angkatan dengan perincian jadwal sebagaimana Lampiran 2.
  3. Pembelajaran PPG Dalam Jabatan akan menggunakan pola daring dengan mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 dan protokol kesehatan, informasi singkat penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan tahun 2020 sebagaimana Lampiran 3

kami sebagai pendidik dan saya sediri sebagai peserta PPG dalam Jabatan angkatan 3 tahun 2020 telah mengikuti program profesi guru untuk meningkatkan profesionalitas guru. pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun ini dilaksanakan dengan model full daring dikarenakan pandemi covid yang sedang melanda. program PPG daljab ini tentunya tidak berbeda dengan program PPG daljab sebelumnya yang kegiatanya antara lain terdapat pendalaman materi dengan mempelajari modul modulpendalaman materi pedagogok dan bidang studi, pengembangan perangkat pembelajaran dan new model peerteaching hingga kegiatan praktik pengalaman lapangan.

PPG daljab yang dilakukan secara daring ini memaksa guru atau pendidik untuk menjadi pendidik yang memesona, karena dalam kegiatan PPG ini dilaksanakan full secara daring, sehingga kita dituntut untuk dapat melek IT. Dalam pendalaman materi kita mendapatkan bimbingan dari dosen bagaimana menjadi guru memesona untuk generasi abad 21. peserta PPG di berikan materi bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik generasi z. Karena dilaksanakan secara daring maka setiap hari peserta PPG berkomunikasi dengan dosen dan teman teman peserta PPG lainnya melalui platform platform online seperti google meet, blue button, maupun zoom. 

Hal ini membuat beberapa pendidik yang benar benar belum melek IT mengalami kebingungan di awal. Namun siring berjalannya waktu para peserta sudah dibuat nyaman dengan platform platform yang ada. 

Bahkan dengan begitu peserta PPG mulai berani mengajak peserta didiknya untuk  melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan platform platform tersebut. Bahkan peserta PPG semakin mahir dalam mengoperasikan IT karena setiap hari dihadapkan dengan tugas tugas yang harus du upload pada LMS. dalam program PPG Daljab ini peserta juga di ajak untuk mengenal new model peer teaching, dimana peserta harus melakukan pembelajaran daring menggunakan platform platform online. selain itu setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring, peserta juga harus melaporkan proses peerteaching yang dilaksanakan secara daring. 

Peserta PPG harus melaporkan hasil rekaman berupa video yang nantinya di unggah pada LMS. Video yang dikirimkan pun harus video yang mellaui proses pengeditan. 

Dengan begitu para peserta PPG daljab juga dituntut untuk mahir dalam menggunakan aplikasi aplikasi video editor. Peserta PPG Daljab tidak hanya melaporkan 1 video saja, banyak video pembelajaran maupun video materi bahan ajar yang harus di laporkan. Seringnya melakukan pengeditan video menjadikan guru terlatih dalam menggunakan aplikasi aplikasi pengeditan, dengan demikian guru dapat merancang program pembelajaran yang sesuai dengan generasi abad 21. Dan setelah selesai mengikuti program PPG diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkannya di lembaga masing masing, Sehingga peserta PPG Daljab dapat menjadi guru memesona abad 21.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x