Mohon tunggu...
lulu fafa
lulu fafa Mohon Tunggu... Freelancer - dari saya untuk mereka

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Karir

Lulusan SMA/SMK Bisa Berkarir sebagai Avsec di Bandara

5 Juli 2019   13:26 Diperbarui: 19 April 2021   19:14 2372 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lulusan SMA/SMK Bisa Berkarir sebagai Avsec di Bandara
Lulusan SMA/SMK berkarir di bandara (sumber: https://www.pexels.com/search/plane/)


Berkarir di dunia penerbangan identik dengan profesi pramugari atau pilot. Padahal banyak profesi lainnya yang tak kalah bagus dengan gaji diatas UMR. Ada info sangat menarik buat kamu yang baru aja lulus SMA/SMK, lulusan diploma (D1-D3) dan sarjana (S1) juga sangat bisa mencoba peluang berkarir di dunia penerbangan khususnya profesi Avsec.  

Persyaratanya pun tak seketat pramugari atau pilot, cukup dengan tinggi badan 160 cm untuk perempuan dan 170 cm untuk laki-laki. Bagi kamu yang belum tau profesi Avsec, berikut ulasan singkat tentang Avsec, besaran gaji, dan cara mendaftar.

Sekolah Avsec (sumber:https://sekolah-avsec-semarang.business.site/)
Sekolah Avsec (sumber:https://sekolah-avsec-semarang.business.site/)
Apa itu Avsec?

Aviation Security Personal atau disingkat dengan Avsec merupakan personil keamanan penerbangan yang telah memiliki lisensi/sertifikat langsung dari Direktur Jendral Perhubungan Udara. 

Lisensi tersebut menunjukan seseorang yang memiliki kompetensi keamanan penerbangan dengan regulasi nasional maupun internasional.  Lisensi tersebut di dapatkan melalui pendidikan dan pelatihan oleh lembaga yang telah disetujui oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara.

Apa perbedaan Avsec dengan Satpam?

Tentunya sangat berbeda. Agar bisa menjadi personil Avsec, harus punya lisensi dulu. Jika personil tidak mempunyai lisensi yang sah, maka tidak dizinkan bekerja lagi di bandara. Ada dua jenis Lisensi Avsec, setiap lisensi juga mempunyai jenjang karir, yaitu:

  1. Pendidikan dan pelatihan dasar meliputi basic Avsec, junior Avsec, dan senior Avsec
  2. Pendidikan dan pelatihan lanjutan meliputi Avsec management, crisis management, quality control, instructor, risk management, auditor, negotiation, human factor, dan profiling.

Berapa Gaji Avsec?

Besaran gaji Avsec berbeda-beda bergantung kebijakan bandara. Setiap jenis lisensi juga menentukan besaran gaji yang didapat. Di Indonesia, personil Avsec dengan lisensi basic Avsec mendapatkan gaji pokok sekitar Rp3.000.000,- hingga Rp5.000.000,- per bulan belum termasuk tunjangan-tunjangan, bonus, dan lain-lain. 

Angkasa Pura sebagai salah satu perusahaan bandara memberikan gaji Avsec sebesar Rp6.000.000,- per bulan. Nominal yang cukup besar bagi kamu lulusan SMA/SMK.

Bagaimana cara mendaftar personil Avsec?

Calon personil Avsec diwajibkan mengikuti pendidikan diklat dan mendapatkan lisensi.

Sangat penting memilih lembaga yang telah disahkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara. Dengan mengikuti lembaga yang sah, kamu akan terbantu dengan materi yang diajarkan untuk mengikuti tes lisensi. Biasanya lembaga akademi juga membantu mencarikan lowongan kerja baik dalam negeri maupun luar negeri.

Saat memilih lembaga akademi Avsec, kamu perlu berhati-hati terhadap status kelegalan lembaga tersebut. Ada baiknya sebelum registrasi cek status terlebih dahulu dan tanyakan alumni lulusan lembaga tersebut.

Berikut beberapa lembaga Akademi Avsec yang berstatus telah disahkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara:

  • Anugerah Wira Angakasa

Lembaga Akademi ini berpusat di Malang dan telah membuka cabang di kota lainnya Cirebon dan Semarang. Masa pelatihan 4 bulan dan 1 bulan magang. Setiap tahun membuka 3 periode pendaftaran dengan kuota 25 orang per kelas.

  • Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan (AKTP Medan)

Akademi ini merupakan institusi pendidikan kedinasan dibawah kementerian perhubungan. Memiliki 3 pelatihan yaitu Pengamanan penerbangan (basic Avsec), Pemeriksaan Keamanan penerbangan (Junior Avsec), dan Pengawas keamanan penerbangan (Senior Avsec).

Peluang karir di Avsec masih sangat terbuka karena belum banyak yang tahu sedangkan kebutuhan personil Avsec semakin meningkat. Tak hanya di Indonesia saja, isensi yang didapat juga bisa untuk mendftar di Bandara luar negeri dengan syarat dan ketentuan terpenuhi.

Apakah info ini bermanfaat? Mari berbagi kebaikan dengan sharing info ini ke teman, kelurga, dan saudara terdekat.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan