Mohon tunggu...
Lulu IlmaknuniPratama
Lulu IlmaknuniPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa Unpam

Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengalaman Saya Sebagai Warga Kecamatan Legok dan Mengenai Perkembangan Pendidikannya

28 Oktober 2020   23:57 Diperbarui: 29 Oktober 2020   00:01 3 1 0 Mohon Tunggu...

Sistem Pemerintahan di Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang-Banten

     Berbicara tentang kecamatan pasti tidak jauh pembahasannya tentang sistem pemerintahannya, susunan organisasi, tugas dan fungsi dari pemerintahnya. Saya akan membahas mengenai sistem pemerintahan daerah yang ada di kecamatan legok bentuk pemerintahannya adalah camat. Saya sering bertanya, siapa bapak camat yang memimpin kecamatan Legok ? Yang memimpin kecamatan legok saat ini yaitu Plt. Tatang suryana. S.STP. M. Si

     Setelah saya memikirkan untuk membuat artikel terkait dengan sistem pemerintahan, dan pengalaman saya tinggal di Legok, sedikit demi sedikit saya mulai mencari informasi mengenai sistem pemerintahan daerah yang akan saya bahas mengenai sistem pemerintahan di kecamatan legok,  mencari tahu kepada teman yang bekerja di kecamatan dari situ saya mendapat informasi mengenai susunan organisasi nya, tugas dan fungsi adanya camat sebagai pemimpin.

   Setelah tersusunnya susunan organisasi, tugas, dan fungsi camat dengan baik maka akan dapat menghasilkan kualitas yang baik pula di dalam kecamatan legok baik dari segi fasilitas maupun kemasyarakatannya.

   Saat ini mulai tersusunnya fasilitas di kecamatan legok yang semakin hari semakin meningkat. Adapun fasilitas lain yang sudah ada di kecamatan legok yaitu; kartu antrian yang digunakan masyarakat legok untuk mengambil KTP, atau KK agar lebih tertib adapun fasilitas lainnya seperti tempat bermain untuk anak kecil agar saat mengantri ibu yang membawa anak kecil bisa diajak atau anaknya ditaruh di tempat bermain terlebih dahulu supaya saat mengantri bisa lebih fokus saat namanya dipanggil. Kecamatan legok sudah memfasilitasi itu semua untuk masyarakat yang ada di kecamatan legok agar masyarakat di kecamatan legok menjadi masyarakat yang memiliki data-data yang lengkap untuk proses pendataan dan menjadi masyarakat yang lebih tertib.

    Infrastruktur yang ada di kecamatan legok juga semakin meningkat mulai dari adanya Pusat kesehatan yang dapat membantu masyarakat agar tidak jauh saat ingin berobat karena di daerah tersebut sudah mulai adanya pusat kesehatan yang dekat mulai dar Puskesmas Legok, Puskesmas Pagedangan, Puskesmas Caringin, dan Puskesmas Bojong Kamal. Bukan hanya pusat kesehatan yang ada di setiap desa saja namun ada juga pusat kesehatan yang sudah disediakan seperti, di setiap balai desa juga ada bidan desa. Hal ini merupakan bentuk dari infrastruktur yang memfasilitasi masyarakat legok untuk berobat agar terciptanya masyarakat yang sehat dan sejahtera, Pusat kesehatan yang sering dikunjungi masyarakat kecamatan legok adalah Puskesmas Caringin dan Puskesmas Bojong Kamal. Selain pusat kesehatan, sekolah juga menjadi bentuk dari infrastruktur yang ada di kecamatan legok.

    Dalam kemasyarakatan nya menurut saya, masyarakat Legok adalah masyarakat yang cukup kompak dan masyarakat yang saling membantu satu sama lain baik dalam gotong royong misal pada saat acara 17 Agustusan banyak masyarakat yang antusias untuk bergotong royong dalam pembersihan jalan maupun dalam pembuatan acara untuk memperingati acara yang akan di selenggarakan, bukan hanya acara 17 Agustus yang membuat masyarakat kompak dan bekerja sama tetapi juga masih banyak acara dan bidang lainnya, yang ikut serta dalam acara bukan hanya pemuda saja tetapi anak kecil, orang tua mereka juga ikut serta dalam segala aktivitas kemasyarakatan yang ada di wilayah Kecamatan Legok. Masyarakat di Kecamatan Legok sangat dominan dengan aspek religiusnya, dengan aspek religius yang tinggi banyak masyarakat yang lebih memilih anaknya untuk di titipkan ke pesantren hal ini yang menjadi pemicu lemah nya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke pendidikan formal karena menurut mereka pendidikan itu tidaklah begitu penting. Legok merupakan tempat yang strategis oleh karena itu pusat sekolah hanya ada di legok pada saat itu karena tempat nya mudah ditemukan dan banyak masyarakat yang tahu mengenai lokasi nya juga mudah di akses baik yang menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi

   Yang saya rasakan mengenai pendidikan di kecamatan legok, saat saya sekolah dasar pendidikan di kecamatan legok masih sangat kecil bahkan sekolahan pun masih sangat jarang, dulu pusatnya sekolah itu hanya ada di Legok, selain masyarakat Legok masayarakat Pagedangan, Parung Panjang dan masih banyak lagi saat itu mereka juga bersekolah ke Legok karena memang saat itu belum adanya pusat sekolah di dekat lingkungan mereka, dan saat itu masih banyak masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan ada yang hanya bersekolah di tinggkat Sekolah Dasar saja dan ada sebagian yang bersekolah SMP/MTS banyak masyarakat yang tidak mengetahui pentingnya pendidikan saat itu masih banyak masyarakat yang beranggapan, untuk apa pendidikan tinggi?

    Pada 2012/2013 saat itu saya baru mau memasuki SMP, saat ditanya oleh teman dan guru "Kamu ingin melanjutkan sekolah kemana? Dan saat itu saya menjawab " Saya akan melanjutkan ke SMP. Disitu juga banyak teman saya yang bilang "apa kamu yakin ingin melanjutkan sekolah lagi?  Spontan saya menjawab "Saya yakin karena dengan bersekolah dan mencari ilmu kita akan punya banyak pengalaman dan pengetahuan.

    Dan 2015/2016 saya mulai memasuki SMA saat ini pusat pendidikan sudah mulai banyak tidak hanya di Legok tetapi di lingkungan yang lainpun sudah mulai banyak pusat pendidikan yang dimana sudah banyak masyarakat yang mulai sadar akan penting nya pendidikan.

    Saat mulai berkembang nya Industri di kecamatan legok, banyaknya antusias masyarakat untuk melamar pekerjaan namun banyak perusahaan yang melihat kualitas pendidikan dari si pelamar, saat itu baru masyarakat di kecamatan legok mulai memperhatikan pentingnya pendidikan, barulah pendidikan di daerah legok mulai meningkat. Saat itu pendidikan yang di Legok mulai berkembang dari tinggal TK, SD, SMA. Namun di tingkat Perguruan Tinggi masih sangat jarang karena masih banyaknya masyarakat yang  memikirkan mengenai biaya, tetapi minat masyarakat saat ini mulai tinggi mengenai sekolah terlebih lagi banyanya sektor industri yang semakin hari semakin meningkat mulai banyakbya pabrik-pabrik yang berdatangan ke kecamatan Legok Kabupaten Tangerang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN