Mohon tunggu...
Humaniora

Peranan Guru Dalam Mendukung Program Adiwiyata Sekolah

28 Februari 2017   16:04 Diperbarui: 28 Februari 2017   16:11 1523 0 0 Mohon Tunggu...

Adiwiyata merupakan sebuah program yang dilakukan dalam upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan. Program Adiwiyata dalam sekolah sangat diperlukan, agar dapat membuat sebuah lingkungan yang baik dalam proses belajar mengajar. Dimana, Adiwiyata dalam sekolah memiliki 4 komponen utama, yaitu Kebijakan, Pelaksanaan, Kegiatan, dan Pengelolaan.

Untuk mencapai Adiwiyata, setiap komponen sekolah baik itu Kepala Sekolah, Guru, Siswa maupun Staff Pegawai harus saling berkerja sama untuk merealisasikan cita cita Adiwiyata. Salah satu contohnya merupakan SMKN 1 Beringin, walaupun baru mencapai Adiwiyata Tingkat Provinsi, SMKN 1 Beringin masih tetap mengejar cita cita untuk mencapai Adiwiyata Tingkat Nasional. Dan, untuk mewujudkan hal ini, ada peranan Guru yang sangat penting.

Salah satu Guru SMKN 1 Beringin bernama R.Sitorus mengatakan, “Peranan guru sangat penting, karena mereka merupakan contoh bagi setiap siswa. Selain itu, Guru juga harus membuat sebuah program kebersihan masing masing dan juga selalu mengawasi program tersebut agar berjalan dengan baik.” 

Peranan guru dalam membangun mental adiwiyata para siswa memang sangat penting, dimana guru harus bisa membangun pemikiran dan karakter siswa agar selalu peduli terhadap lingkungan. Selain itu, KAJUR jurusan TKJ di SMKN 1 Beringin juga berpesan “Setiap guru harus mengawasi proses program kebersihan baik sebelum masuk kelas di pagi hari dan sesudah habis kelas di siang hari.” 

Hermansyah juga menambahkan bahwa “Setiap guru juga harus saling mengingatkan mengenai kebersihan lingkungan terhadap guru lain, seperti mengingat untuk tidak merokok di ruangan bebas rokok saja sudah cukup.”

Selain membangun mental dan karakter Adiwiyata di setiap Siswa, Guru juga harus berperan terhadap para guru lainnya. Dimana program Adiwiyata tidak akan pernah terealisasikan jika para Guru tersebut tidak memiliki mental dan karakter Adiwiyata. Peranan guru memang sangat penting untuk mencapai program Adiwiyata, karena untuk mencapai itu semua setiap Guru di Sekolah tersebut harus memilik karakter Adiwiyata dan keinginan untuk mencapai itu semua.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x