Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Pemerhati fenomena manajemen, bisnis, dan kewirausahaan

Lukmanul Hakim, S.I.P., M.M. merupakan akademisi ilmu manajemen di Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta. Lulus dari Manajemen dan Kebijakan Publik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, saat ini sedang menempuh S3 di Doktor Ilmu Manajemen, Universitas Padjadjaran Bandung dengan tema penelitian disertasi tentang Inkubator Bisnis di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dosen dan Mahasiswa SI UBSI Menggelar Seminar Perkembangan Teknologi Informasi dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Nurul Iman Karawang

29 Mei 2019   00:28 Diperbarui: 28 September 2019   16:24 78 0 0 Mohon Tunggu...
Dosen dan Mahasiswa SI UBSI Menggelar Seminar Perkembangan Teknologi Informasi dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Nurul Iman Karawang
dokpri

Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada hari Minggu 19 Mei 2019 yang diikuti oleh dosen serta mahasiswa. Menurut Lukmanul Hakim, S.I.P. M.M., salah seorang dosen yang terlibat, acara ini diselenggarakan sebagai implementasi tri dharma perguruan tinggi. 

UBSI berkomitmen menjalankan pendidikan-pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Abdimas). Program abdimas sudah ditetapkan menjadi kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh dosen sekali tiap semester dan sekali selama kuliah untuk mahasiswa, yaitu yang sedang menempuh matakuliah Character Building.

Pada semester genap 2018-2019 yang menjadi mitra adalah Panti Asuhan Nurul Iman, yang berlokasi di Desa Dawuan Barat Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Kegiatan dilaksankan berupa seminar dan bakti sosial. Tema yang diangkat pada seminar yaitu "Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mendukung Proses Belajar bagi Generasi Milenial" Menurut Putri Praphela, panitia berharap anak-anak yang mengikuti seminar ini bisa mengerti dan mamahami  perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa hingga saat ini yang akan memasuki revolusi industri 4.0. 

Peserta diharapkan dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini berkembang dalam proses pembelajaran mereka yang kini sedang menuntut ilmu di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Anak-anak generasi milenial ini tergolong beruntung dapat mengakses ilmu pengetahuan dari berbagai penjuru dunia dengan mudah melalui gawai ditangan mereka. Sumber ilmu pengetahuan kini menjadi unlimited, real time, dan borderless.

Dalam suasana bulan suci Ramadhan 1440 H, setelah seminar dilanjutkan bakti sosial berupa buka puasa bersama dan santunan bagi anak-anak binaan panti asuhan. Menurut mahasiswa UBSI yang terlibat, Jodi Gustian Ilham, melalui kegiatan ini, mahasiswa belajar peduli terhadap lingkungan sosial dan belajar ikhlas bersedekah melaksanakan perintah Allah SWT. Ditengah-tengah acara bakti sosial, panitia memberikan permainan-permainan edukatif agar suasana menjadi bersahabat dan menyenangkan. Salah satu games yang paling seru adalah estafet berita yang melatih daya ingat pada setiap peserta.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x