Mohon tunggu...
Lukman Hermanto
Lukman Hermanto Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa aktif Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Implementasi Pemikiran F.Schleiermacher dalam Ilmu Audit, Tugas Mata Kuliah Prof Dr Apollo (Daito)

9 April 2020   14:53 Diperbarui: 10 April 2020   15:13 33 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Implementasi Pemikiran F.Schleiermacher dalam Ilmu Audit, Tugas Mata Kuliah Prof Dr Apollo (Daito)
hermeneutikal-f-scleiermacher-5e90266bd541df472811ca05.png

Mengenal sedikit tentang F. Schleiermacher bernama lengkap Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher lahir pada 21 November 1768 di Breslau, Sisesia. Fredrich Schleiermacher ialah seorang filsuf Jerman pada abad 18 dan 19, juga guru besar Humboldt University Berlin.

Audit dalam pengertian luas ialah pemeriksaan suatu proses, sistem, organisasi dll. Sedangkan dalam akuntansi audit dibagi menjadi 2 yaitu audit keuangan dan audit manajemen.

Audit keuangan ialah memeriksa laporan keuangan secara periode (umumnya pertahun) pelaporan keuangan dengan cara membanding hasil laporan keuangan dengan standar audit yang berlaku, dilakukan oleh akuntan publik yang memiliki kapabilitas standar sebagai auditor. 

Hasil akhir dari kegiatan audit keuangan ialah opini audit, opini audit ini yang nantinya menjadi landasan apakah laporan keuangan yang dihasilkan wajar atau tidak.

Audit manajemen ialah audit internal yang dilakukan oleh pihak manajemen atau menggunakan jasa pihak ke-3 dimana audit dilakukan sesuai request manajemen atau untuk problem tertentu dalam artian tidak ada waktu khusus untuk audit manajemen semua diatur sesuai keinginan pihak manajemen. Dan hasil akhir dari audit manajemen menghasil rekomendasi yang akan dijadikan acuan pengambil keputusan.

Hermeneutical Friedrich Schleiermacher dualitas antara isi kalimat dan isi pikiran, memahami isi kalimat dan isi pikiran dari interpretasi gramatis dengan cara mencerna gaya Bahasa, kata-kata yang dipakai, dan juga sejarah selain itu menggunakan interpretasi dunia psikologis

Pemikiran F. Schleiermacher ini dapat di implementasikan dalam ilmu audit. Pemikiran F. Scleiermacher dapat membantu memahami isi dalam laporan keuangan bukan hanya memahami apa yang tertulis tapi juga apa yang terpikirkan oleh penulisnya seolah-olah pembaca lebih paham dari penulisnya.

Interpretasi gramatis poin yang pertama mencerna gaya bahasa dan kata-kata yang dipakai dapat diimplementasikan dalam audit sebagai penelusuran kekayaan klien, dari memahami kekayaan klien kita mampu memahami gaya bisnis yang terjadi. 

Poin selanjutnya tentang sejarah dapat diimplementasikan dalam menelusuri saldo masa lalu dan hasil audit periode sebelumnya, dengan membandingkan masa lalu dengan yang terjadi akan menimbulkan pemahaman yang lebih mendalam.

Interpretasi dunia Psikologis yaitu dengan tujuan memahami maksud pembuatan laporan keuangan dan cerita dibelakangnya dapat di implementasikan sebagai penelusuran harta, kewajiban dan laba ditahan. Dengan menelusuri sumber dana klien semakin memberikan pemahaman kondisi bisnis klien.

Daftar Pustaka: [1] [2] [3]

VIDEO PILIHAN