Mohon tunggu...
Lukman Hakim Dalimunthe
Lukman Hakim Dalimunthe Mohon Tunggu... Founder Perpus Rakyat

Menulis untuk Hidup

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Daftar Tokoh HMI dalam Kabinet Persatuan Nasional

21 Februari 2020   12:58 Diperbarui: 21 Februari 2020   12:54 167 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daftar Tokoh HMI dalam Kabinet Persatuan Nasional
Foto: timurangin.com

Diketahui bahwa ada sejumlah alumni yang terlibat dalam pelengseran Gus Dur. Hal itu sesuai dengan surat yang ditulis Fuad Bawazier kepada Akbar Tanjung. Baca di bawah ini nama-nama tokohnya. 

Baca juga: Daftar Tokoh HMI/KAHMI dalam Dokumen Pelengseran Gus Dur

Selain itu, ada juga 14 alumni HMI yang dinyatakan Gus Dur sebagai musuh politiknya. Baca di bawah ini. 

Baca juga: Daftar Tokoh HMI yang Dinyatakan Gus Dur sebagai Musuh Politiknya

Sebelum perseteruan alumni HMI dan Gus Dur tersebut, sebenarnya mereka mendukung Gus Dur di pemilihan tahun 1999. Koalisi tersebut disebut dengan Poros Tengah. 

Mereka bisa mengalahkan Megawati yang memenangi Pemilu tahun 1999. Akhirnya Megawati hanya mendapatkan jabatan Wakil Presiden. 

11 alumni HMI di bawah ini berupa hasil pencarian saya di media terpercaya. Selama ini, saya belum mengetahui ada data real alumni HMI seluruh Indonesia. 

Nama kabinet di era Gus Dur iyalah Kabinet Persatuan Nasional. Sejumlah menteri dari alumni HMI itu berasal dari berbagai partai politik atau profesional. 

Mereka ada yang dipecat dikarenakan terlibat KKN, ada juga yang digantikan karena posisi menteri itu digabung atau dihapuskan. Berikut daftarnya:

1. Hamzah Haz, pada kabinet Gus Dur ia menjabat sebagai Menko Kesra dan Taskin dari 26 Oktober 1999 - 26 November 1999. Kemudian ia digantikan oleh Prof Basri Hasanuddin. 

2. Yusril Ihza Mahendra, ia pernah menjabat sebagai Menteri Hukum dan Perundang-undangan dari 25 Oktober 1999 sampai 7 Februari 2001. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN