Mohon tunggu...
Lukman Hakim Dalimunthe
Lukman Hakim Dalimunthe Mohon Tunggu... Founder Perpus Rakyat

Menulis untuk Hidup

Selanjutnya

Tutup

Politik

HMI Vs PMII Sebelum Gus Dur Dilengserkan

20 Februari 2020   14:54 Diperbarui: 20 Februari 2020   15:04 185 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
HMI Vs PMII Sebelum Gus Dur Dilengserkan
Foto: nu.or.id 

Tahun 2001 merupakan tahun bergejolak bagi sejarah perpolitikan tanah air. Pada tahun ini, Gus Dur yang dipilih secara demokratis dilengserkan oleh elit politik

Kekuatan elit politik itu menyeret beberapa organisasi mahasiswa. Para aktor kudeta memanfaatkan organisasi mahasiswa yang mereka pernah berada di dalamnya, yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Baca juga: Daftar Tokoh HMI yang Dinyatakan Gus Dur sebagai Musuh Politiknya

Kemudian Gus Dur dibela oleh kalangan Nahdlatul Ulama, terutama PMII di kelas mahasiswanya dan santri. 

Konflik Gus Dur dan elit politik ini mengakibatkan terjadinya bentrokan HMI dan PMII di berbagai daerah. Tentu saja ini sangat memalukan. 

Tercatat dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Jejak Kontroversi Fuad Bawazier Sebelum dan Setelah Gus Dur Dilengserkan" bahwa segerombolan santri (PMII) meminta agar HMI Cabang Bandung meminta maaf kepada Gus Dur karena telah menghinanya. 

Kemudian pada awal November 2000, massa pendukung Gus Dur sedikitnya 20.000 orang santri di Jawa Timur menggelar aksi parlemen jalanan di DPRD setempat. 

Mereka menuntut agar Akbar Tanjung dan Amien Rais mundur dari jabatannya. Kedua orang ini merupakan alumni HMI. 

Sementara di Surabaya, kelompok pendukung Gus Dur sekitar 50 orang menduduki sekretariat HMI di sana. Mereka menilai HMI lah yang melakukan aksi di Jakarta sehari sebelumnya. 

Mereka melakukan corat-coret bangunan sekretariat. Kemudian nyaris terjadi bangku hantam sesama aktivis HMI dan pendukung Gus Dur tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN