Mohon tunggu...
Lukman Hakim Dalimunthe
Lukman Hakim Dalimunthe Mohon Tunggu... Penulis - Founder Perpus Rakyat

Menulis untuk Hidup

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Akhirnya Pemerintah Pertimbangkan Pemulangan Anak-anak WNI Eks ISIS

11 Februari 2020   18:55 Diperbarui: 11 Februari 2020   19:20 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengumuman keputusan pemerintah akan pemulangan WNI eks ISIS akhirnya tercapai juga. Setelah beberapa waktu mengalami perdebatan yang sengit di media sosial. 

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan tidak akan memulangkan sejumlah warga negara Indonesia yang terlibat dalam kasus terorisme di luar negeri. 

Ia juga menambahkan akan mendata ulang jumlah eks ISIS yang berada di Suriah dan Turki.  

Meski demikian, pemerintah membuka opsi pemulangan anak-anak berusia di bawah 10 tahun yang turut dibawa orang tua mereka yang berstatus terduga eks ISIS.

"Tapi, kita lihat case by case (untuk pemulangan anak usia di bawah 10 tahun)," ucap Mahfud. (Kompas.com) 

Saya merasa bersyukur atas keputusan pemerintah tersebut. Beberapa hari terakhir saya menyuarakan pemulangan anak-anak eks ISIS di Kompasiana. 

Tulisan-tulisan saya tersebut mendapatkan ragam hujatan dari netizen di facebook dan twitter. 

Dalam catatan saya sejumlah akun mengatakan diri saya sebagai "penulis eks ISIS". 

Saya tak ambil pusing akan hujatan tersebut. Ketika saya yakin bahwa anak-anak eks ISIS itu berhak mendapatkan kehidupan yang lebih layak, saya akan menyuarakannya melalui tulisan. 

Anak-anak eks ISIS di sana tidak mendapatkan kehidupan yang layak, netizen. Ah, saya telah mengulang pernyataan ini beberapa kali.

Ada juga netizen yang mengatakan, "Jika mereka dipulangkan, kasihan dipisah dengan orangtuanya." 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun