Mohon tunggu...
Lukman Hakim Dalimunthe
Lukman Hakim Dalimunthe Mohon Tunggu... Penulis - Founder Perpus Rakyat

Menulis untuk Hidup

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Kisah Perjalanan Jurnalis Ini Menembus Kamp Pengungsian Eks ISIS

10 Februari 2020   04:51 Diperbarui: 10 Februari 2020   05:43 581
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Hussein Abri Dongoran

Pada 14 Mei 2019, Hussein Abri Dongoran masuk ke Irak. Kemudian pada tanggal 18 Mei 2019, ia melanjutkan perjalanan ke Suriah menuju kamp pengungsian Eks ISIS di Rojava. 

Kisah perjalanan ini ia sampaikan pada saya melalui telepon seluler, Minggu, 09 Februari 2020. Ia merupakan jurnalis Tempo yang berangkat ke sana untuk melaporkan berita terkini terkait kamp eks ISIS di Suriah. 

Laporannya diterbitkan pada 15 Juni 2019 dengan judul Nestapa di Negeri Syam.

"Untuk masuk ke kamp di Suriah (Rojava) itu agak repot, karena mereka kan di bawah kekuasaan militer (pasukan kurdistan Suriah) yang berafiliasi ke Amerika," ujarnya kepada saya ketika saya menanyakan bagaimana caranya ia bisa masuk ke kamp Al-Hawl di Suriah.

Baca juga: Pak Jokowi, Belajarlah dari Negara Ini Terkait Pemulangan WNI Eks ISIS

Ia juga menceritakan bagaimana kondisi pemerintahan Suriah di sana yang terbelah.

"Itu saya harus dapat izin dulu dari otoritas setempat. Pertama saya ketemu dengan juru bicara pasukan Kurdistan Suriah, namanya Mustafa Bali. Setelah tu saya ketemu dengan Menteri Luar Negeri sana (Rojava), namanya Abdul Karim Umar," lanjutnya. 

Ia juga mengatakan belum bisa langsung masuk ke kamp. Ada beberapa persyaratan yang ia harus lalui.

"Setelah keduanya itu belum langsung dapat izin untuk masuk, saya harus ketemu Kepala Intelijen, namanya Siaman, di kawasan intelijen Rmeilan, di sini dingin sekali. Itu kunci agar dapat izin ke kamp Al-Hawl."

"Setelah melalui mereka, saya harus menunggu 3 hari baru dapat izin masuk Al-Hawl," tuturnya malam itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun