Mohon tunggu...
Lukman Nulhakim
Lukman Nulhakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - أنا مسلم قبل كل شيئ

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KETERAMPILAN MEMBACA

11 Juni 2021   10:06 Diperbarui: 11 Juni 2021   10:26 63 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KETERAMPILAN MEMBACA
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi yang disusun oleh Sukirman Nurdjan, S.S., M.P.d.,Firman,S.pd. dan Mirnawati, S.Pd.  pada bab yang ke-6  di sebutkan berbagai jenis Kegiatan membaca ditinjau dari segi terdengaratau tidaknya suara dalam membaca maka prosesnya dapat

dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

 

1.   Membaca Nyaring

          Membaca nyaring adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang merupakan alat untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran dan perasaan seorang pengarang. Membaca nyaring yang baik menuntut agar si pembaca memiliki kecepatan mata yang tinggi serta pandangan mata yang jauh karena mereka harus melihat pada bahan bacaan untuk memelihara kontak mata dengan para pendengar.

2.   Membaca dalam Hati

           Pada saat membaca dalam hati, kita hanya mempergunakan ingatan visual (visual memory), yang melibatkan pengaktifan mata dan ingatan. Tujuan utama membaca dalam hati (silent reading) adalah untuk memperoleh informasi. Membaca dalam hati dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu:

 

a. Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif  berarti membaca secara luas. Obyeknya meliputi sebanyak mungkin teks dalam waktu yang sesingkat mungkin. Oleh karena itu, yang menjadi tujuan dan tuntutan kegiatan membaca ekstensif adalah memahami isi bacaan yang penting-penting dengan cepat. Dengan demikian, membaca secara efisien dapat terlaksana. Membaca ekstensif terdiri atas:

1) Membaca survei, sebelum mulai membaca maka biasanya diteliti terlebih dahulu apa-apa yang akan ditelaah. Kita mensurvei bahan bacaan yang akan dipelajari, yang akan ditelaah, dengan cara:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN