Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Kontributor TVMu untuk Kabupaten Brebes

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Nasi Kuning Adep-adep Bikin Mantep

1 Juni 2020   11:00 Diperbarui: 1 Juni 2020   11:14 15 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasi Kuning Adep-adep Bikin Mantep
sumber: youtube Trelep Media


Lengkap dengan urab dan timun mentah serta kacang panjang mentah menambah tampilan dan sensasi rasa nasi kuning semakin lezat. Sajian ini biasa dihidangkan pada momen acara pengantin, maupun momen lainnya. Pada kali ini, penulis dihidangkan nasi kuning dengan sajian adep-adep dengan topping tempe dan tahu goreng, ayam goreng, urab daun singkong, tauge, kecipir ditambah timun dan kacang panjang mentah.

Rasa pun akan semakin lezat bila makan bersama , dengan kertas nasi masing-masing mengambil makanan sesuai porsinya. Pengolahannya untuk nasi kuning ini sebetulnya mudah kalau kita mencoba untuk membuatnya. Dengan menyediakan bahan-bahan 

Beras 1 kg
Santan 900 ml
Kelapa tua 1 buah
Kunyit 5 cm
Serai 2 batang
Daun salam 4 lembar
Jahe 5 cm
Lengkuas 2 cm
Bawang merah 5 buah
Daun pandan 2 lembar
Garam 4 sdt

Caranya :cuci terlebih dahulu berasnya (bahasa jawa : dipesusi ), lalu haluskan bumbu jahe, lengkuas, bawang merah, garam. Selanjutnya bumbu yang sudah dihaluskan dicampurkan ke santan lalu Masak santan hingga mendidih.Buang air rendaman beras dan ganti dengan air santan yang sudah bercampur dengan bumbu.

Jangan lupa tambahkan daun salam dan serai, rebus beras dengan air kecil, sambil diaduk aduk sampai menjadi beras.Ambil daun salam dan serai saat nasi hampir matang. Singkatnya, kukus nasi hingga matang dan siap disajikan.

VIDEO PILIHAN