Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Jurnalis Warga CBMNews.net - Kontributor TVMu untuk wilayah Brebes - Anggota Panwaslu Kecamatan Larangan kab. Brebes

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jangan Ada Smartphone pada Momen Pertemuan

12 Juli 2019   19:13 Diperbarui: 12 Juli 2019   19:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jangan Ada Smartphone pada Momen Pertemuan
peserta kegiatan mengumpulkan handphonenya yang berisi nomor aktif/dokpri

Sahabat Kompasiana....

Kembali berjumpa dengan saya, setelah sekian lama tidak merangkai kata lagi tuk menulis di Kompasiana.

Kali ini penulis ingin berbagi Pengalaman saat mengikuti Pertemuan selama 3 hari di Saung Dolken, Bogor Jawa Barat. Hal yang menarik dialami oleh penulis adalah selama kegiatan berlangsung dilarang menggunakan smartphone.

Otomatis, sebelum acara dimulai, peserta mengumpulkan smartphonenya dengan wadah amplop dan diberi nama identitas. Lalu dikumpulkan di box besar. a

Tujuannya agar peserta bisa fokus saat acara berlangsung dan menyerap materi dari narasumber. Hal ini tentu menarik untuk menjadi inspirasi bagi para panitia kegiatan untuk menduplikasi cara ini.

Untuk merangkum materi, peserta sudah dibekali alat tulis untuk mencatat poin penting. Mungkin terasa seperti zaman dulu saat belum memiliki alat komunikasi handphone.

Komunikasipun otomatis terputus, sehingga untuk mengantisipasi sebelum handphone dikumpulkan, untuk memberikan kabar kepada keluarga atau teman agar sementara tidak bisa dihubungi. Namun bisa hubungi dengan nomor Call Center yang sudah disediakan.

Penulis langsung membuat postingan di Facebook seperti ini

dokpri
dokpri
Apakah betul dengan cara seperti ini akan meningkatkan fokus dalam kegiatan? 

Ternyata yang dialami penulis memang ampuh meningkatkan konsentrasi, beda saat awal pembukaan acara memegang hp dengan terbagi pikirannya memfoto, merekam video dan sebagainya.

Seperti dilansir media technologique, berdasarkan hasil penelitian psikologis terbaru oleh Universitas Wrzburg and Nottingham Trent, atas permintaan Kaspersky Lab. Penelitian ini menggali korelasi antara tingkat produktivitas dan jarak antara peserta dengan smartphone mereka.

Penelitian itu membuktikan produktivitas peserta penelitian meningkat sebesar 26 persen ketika smartphone milik mereka dibawa pergi. Penelitian dilakukan dengan menguji perilaku 95 orang yang berusia antara 19 hingga 56 tahun di laboratorium Universitas Wrzburg dan Nottingham-Trent.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2