Mohon tunggu...
Lukman Nul Hakim
Lukman Nul Hakim Mohon Tunggu... Lainnya - Aktif

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unisma Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kisah Inspiratif dari Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Rizki Rifai

2 Desember 2021   16:07 Diperbarui: 2 Desember 2021   16:12 122 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rizki Rifa'I, seorang laki-laki yang sudah dewasa muda dan sudah menginjak usia dua puluh satu tahun. Kini diusianya yang ke dua puluh satu, ia telah menjadi seorang seorang mahasiswa untuk mengambil gelar sarjana Ilmu Komunikasi di salah satu perguruan tinggi swasta di daerah Bekasi.

Dewasa muda yang akrab disebut dengan nama panggilan Rizki lahir di Kota Bekasi, 22 Agustus tahun 2000. Ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Sejak kecil, Rizki telah diajarkan untuk hidup sederhana, mengikuti kewajiban sebagai seorang muslim dan anak yang jujur.

Di lingkungan rumahnya, Rizki dikenal sebagai orang yang tidak banyak bicara dan jarang bergaul dengan anak yang lebih muda, karena rata-rata di lingkungan rumahnya anak remaja masih SMA, sedangkan ia sudah mahasiswa. Namun, ia masih menyapa lingkungan sekitarnya, karena sudah menjadi kebiasaan dirinya.

Pada masa taman kanak-kanak, Rizki termasuk anak yang aktif dan ceria. Ia pun lulus tepat waktu dari TK Pertiwi dan memiliki nilai diatas rata-rata dari teman sebayanya. Pada masa sekolah dasar, Rizki dimasukan oleh ayahnya ke dalam sekolah swasta islam yaitu SDIT Nurul Fikri untuk memiliki tiang agama dalam dirinya sejak sekolah dasar, dan pada masa sekolah dasar ia sempat mendapat piala penghargaan Harapan I saat mengikuti lomba puisi. Kemudian, ia memasuki sekolah menengah pertama dan Rizki masuk ke dalam SMPN 2 Bekasi. Rizki tidak begitu banyak mendapatkan prestasi di masa ia saat SMP. Setelah lulus dari SMP, Rizki melanjutkan pendidikannya ke SMA swasta yaitu Daya Utama. Ia dikenal sebagai anak yang humoris, bahkan saat SMA ia iseng berjualan Nasi Uduk kepada teman-teman nya. Rizki menawarkan produk makanan tersebut kepada empat kelas, dua kelas IPS dan dua kelas IPA. Tanpa diduga Rizki memiliki bakat berdagang hingga ia mempekerjakan ketiga orang temannya untuk berjualan ke seluruh guru SMA dan murid SMA. Hal itu ia terus lakukan hingga satu tahun, dan kemudian Rizki berhenti berdagang, karena ia memilih untuk fokus mengejar akademik dan SNMPTN. Sayangnya, ia tidak berhasil mendapatkan SNMPTN dan Rizki pun sempat menganggur selama satu tahun untuk mempersiapkan SBMPTN. Rizki pernah masuk ke dalam organisasi PORGASI yang mana sebuah organisasi dibawah arahan Kapolres yang mengatur dan bertangggung jawab atas komunitas Airsoft yang ia naungi. Rizki pun masuk kedalam Komunitas Airsoft yang bernama Night Hawk memiliki markas yang berlokasi di daerah Jakarta Pusat dekat dengan stasiun Palmerah. Ia melihat berbagai keuntungan yakni koneksi dan dagang. Saat Rizki masuk kedalam komunitas tersebut, ia melakukan perdagangan Airsoft dengan jenis gas, spring dan elektrik secara tertutup dan dijual kepada orang tertentu saja. Hal ini ia lakukan selama enam bulan, dan kemudian ia berhenti ketika melihat penurunan pembelian unit yang baru, dan unit yang bekas justru banyak peminatnya. Belum lagi banyak orang bubut yang dapat membuat airsoft. Ia pun akhirnya berhenti dari kegiatan Airsoft mulai dari permainan, latihan AA IPSC (kompetisi tembak taktis airsoft), dan kegiatan jual beli unit airsoft. Saat itu, Rizki pun fokus mempersiapkan untuk mengikuti tes SBMPTN. Namun, takdir berkata lain, karena ia tidak berhasil mendapatkannya.

Akhirnya, Rizki memutuskan untuk mengambil gelar sarjana di Universitas Islam 45 Bekasi dan dibiayai oleh tantenya yang berlatar belakang Brimob di Tandru Tedong, Sulawesi selatan, namun saat ini sedang dinas di Papua. Rizki saat ini menjadi mahasiswa di fakultas FKSB dan mengambil jurusan public relation. Ia juga mengikuti UKM Tarung Derajat untuk memperluas koneksi dan ia pun sedang berusaha untuk menjadi ketua UKM Tarung Derajat. Selain itu, Rizki memiliki kesibukan sebagai Trader saham dan membantu usaha ibunya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan