Mohon tunggu...
Luki Antoro
Luki Antoro Mohon Tunggu... Penggiat Kebudayaan

Sosial Budaya Politik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

3 Kesalahan Saat Memesan Kerajinan Logam

25 September 2020   10:34 Diperbarui: 25 September 2020   10:43 6 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Kesalahan Saat Memesan Kerajinan Logam
Proses pembuatan kerajinan logam di studio kriya logam di Kotagede (Dokpri)

Kamu mau memesan kerajinan logam seperti logo kuningan dan tembaga, garuda pancasila kuningan dan tembaga, kaligrafi logam, ornament logam, relief logam, patung kuningan dan tembaga, replika pintu nabawi kuningan hingga kerajinan logam lainnya yang terbuat dari kuningan dan tembaga?

Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelumnya. Ada kesalahan persepsi banyak orang yang bisa berakibat fatal loh. Tapi jangan khawatir, hal-hal tersebut bisa kamu simak dibawah ini. Ketiga kesalahan itu diantaranya:

  1. Jangan Cuma Mencari Murahnya

Terkadang pemesan kerajinan logam tidak memahami kerajinan logam itu sendiri. Mereka yang baru memesan pertama kali, sering kali memesan dengan mencari orientasi yang paling murah. Ingat! Murah belum tentu menjamin kualitasnya ya. Seperti di Nursih Basuki Art Studio, disana murah bukan jaminan. Tetapi kualitaslah yang menjadi jaminan. Tak jarang banyak pihak yang paham tentang kualitas seni loyal mempercayakan urusan membuat kerajinan logam ke mereka.

Kamu paham kan merek Adidas itu tidak hanya menjual sepatu saja? kamu paham kan L'Mineral itu tidak menjual air saja? Ya, carilah tempat yang menaruh kualitas sebagai prioritasnya. Dibuktikan oleh trade record dan hasilnya.

  1. Menentukan Ukuran Proporsional

Kelebihan Nursih Basuki Art Studio adalah menerima pesanan kerajinan logam custom. Seperti logo kuningan dan tembaga, relief, ornament hingga lambang garuda pancasila. Langkah awal yang harus dilakukan pemesan adalah melakukan pengukuran proporsional terhadap ruang/gedung. Kira-kira, dengan ukuran segitu kerajinan logam yang dipesan mampu menjadi center point atau justru terlalu kecil ya? Jika masih ragu, konsultasikan hal tersebut kepada Nursih Basuki Art Studio Kotagede.

  1. Cari Tempat yang Berpengalaman

Hal yang wajib diketahui selanjutnya adalah cari tempat yang bisa membuat kerajinan logam berpengalaman. Nursih Basuki Art Studio bisa banget ya menjadi referensi yang tepat untuk membuat kerajinan ukir logam. Studio yang mempunyai trade record bagus itu berlokasi di Kotagede Yogyakarta. Daerah yang sejak abad ke-16 sangat terkenal dengan pengrajin logamnya, bahkan diakui hingga mancanegara, khususnya Eropa.

Itulah ketiga hal yang perlu diperhatikan sebelum memesan kerajinan logam. Jika kamu sudah memiliki tempat kepercayaan, abaikan saja ketiganya. Karena tempat membuat kerajinan logam terpercaya, apalagi memiliki pengrajin logam yang sudah berproses puluhan tahun cukup memahami hal-hal diatas. Jadi, kedepan gak bimbang lagi dong kalau mau bikin kerajinan logam ya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x