Mohon tunggu...
Lukas Bagus Mahesta
Lukas Bagus Mahesta Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Penulis merupakan Mahasiswa Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menikmati Surga Tersembunyi Pantai Porok, Gunung Kidul

18 Maret 2021   15:15 Diperbarui: 19 Maret 2021   00:33 262 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Surga Tersembunyi Pantai Porok, Gunung Kidul
Dok. pribadi

Banyak wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang ingin menghabiskan masa liburannya untuk berkunjung atau wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah diakui para wisatawan karena setiap spot wisata Yogyakarta menawarkan keindahan dan keuinikan. Banyak destinasi wisata Yogyakarta yang bisa patut untuk dikunjungi. 

Destinasi wisata alam Yogyakarta cukup digemari dan sering dikunjungi oleh wisatawan, seperti pantai di Gunung Kidul yang menawarkan pasir putihnya, pantai Parangtritis dengan keindahan pasir hitamnya di Bantul, lava tour yang menawarkan keindahan lereng Merapi dengan mengendarai mobil Jeep di Kaliurang, Kali Biru di Kulon Progo dan masih banyak lagi.

Seperti pada umumnya pantai di Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menawarkan keindahan pasir putihnya, tidak terkecuali pantai Porok. Mungkin belum banyak wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang mengenal atau mengetahui pantai Porok. 

Pantai Porok termasuk wisata pantai yang baru. Selain itu, letak pantai Porok tersembunyi dengan diapit dua bukit yang menutupi. Pantai Porok berada di sebelah Timur Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang serta sebelah Barat Pantai Kukup . 

Oleh karena itu, Pantai Porok surga tersembunyi karena belum banyak mengetahui pantai ini. Selain menawarkan keindahan alam dan keindahan pasir putihnya, pantai Porok menawarkan kesunyian dari wisatawan lain.

Perjalanan Menuju Pantai Porok

Lokasi Pantai Porok berada di Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul dari pusat kota Yogyakarta cukup jauh dan waktu tempuh dari kota Yogyakarta ke Pantai Porok memakan waktu sekitar dua jam. 

Untuk mencapai Pantai Porok Wisatawan bisa mengandarai kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil, maupun secara rombongan dengan mengendarai bus. Namun, belum ada kendaraan umum yang memiliki tujuan ke Pantai Di Gunung Kidul. Waktu itu, saya dan teman-teman saya yang berjumlah tujuh orang menggunakan sepeda motor untuk menempuh perjalanan ke Pantai Porok. 

Kami berangkat sekitar pukul 10.00 WIB dengan waktu tersebut kami menyadari bahwa tarlalu kesiangan untuk menempuh perjalanan ke Pantai Porok. Saran dari saya untuk wisatawan yang ingin mengendarai dengan sepeda motor sebaiknya berangkat lebih pagi agar tidak kepanasan saat perjalanan. 

Ketika kami sudah dalam perjalanan dan sesampainya di daerah Kota Wonosari, kami memutuskan untuk beristirahat di swalayan. Setelah melewati Kota Wonosari, perjalanan kami akan disuguhkan pemandangan rumah warga lokal hingga hutan pohon jati. Waktu tempuh dari Kota Wonosari ke Pantai Porok tidak terlalu lama sekitar 30 menit dan tidak akan terasa karena keindahan alam sekitar yang masih asri.

Saat sudah sampai di pintu masuk kawasan pantai untuk harga tiket masuk Kawasan Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak, Sepanjang, Indrayanti dan termasuk Pantai Porok cukup terjangkau dengan harga sebesar Rp 10.000.  Selain harga tiket masuk yang murah, wisatawan juga bisa mengunjungi pantai lebih dari satu pantai dengan syarat masih satu kawasan tersebut. Oleh karena itu, wisatawan tidak akan merasa jenuh saat berwisata di pantai Gunung Kidul. Hal tersebut menjadi salah satu alasan wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburan untuk berwisata di Pantai Gunung Kidul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN