Mohon tunggu...
Luita Dratistiana
Luita Dratistiana Mohon Tunggu... Lainnya - Analis Humas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

PPSDM Migas merupakan pusat pengembanga SDM subsektor migas yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sebagai unit kerja di bawah Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PPSDM Migas dan PEP Bandung Dalami Potensi Kerja Sama

27 Januari 2022   07:46 Diperbarui: 27 Januari 2022   08:00 45 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Lagi -- lagi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menerima kunjungan dan pada hari ini adalah dari Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung pada Rabu (26/01/22).

Rombongan PEP Bandung digawangi oleh Wakil Direktur III, Tedi Yunanto, Plt. Subkoordinator Kerja Sama, Mahasiswa dan Alumni, Asep Muhammad Ishak Shiddiq serta beberapa mahasiswa dari PEP Bandung diterima oleh Koordinator Program, Perencanaan, Standardisasi dan Kerja Sama, Agus Alexandri, Koordinator Pelaksanaan Pengembangan SDM, dan Subkoordinator Laboratorium dan Bengkel, Surahman di Ruang Rapat Patra 1, Gedung PPSDM Migas.

Dalam sambutannya, Tedi Yunanto menjelaskan maksud kedatangan rombongan dari PEM Akamigas.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PPSDM Migas karena telah menerima tim dari PEP Bandung. Kami mengharapkan dengan benchmarking kali ini dapat mengetahui potensi -- potensi kerja sama antara PEP Bandung dan PPSDM Migas," ungkap Tedi.

Cepu yang menurut Agus Alexandri adalah Teksas Van Java, karena terdapat pertambangan tradisional Teksas Wonocolo, menjelaskan PPSDM Migas akan siap membantu PEP Bandung.

"Terima kasih telah berkunjung ke tempat kami (PPSDM Migas) untuk melakukan benchmarking kerja sama ataupun apa -- apa yang dapat dikerja samakan dengan PPSDM Migas. Kami juga support apapun karena PEP Bandung adalah saudara termuda, seperti diketahui PPSDM Migas merupakan saudara tertua. Nanti silahkan melihat juga fasilitas -- fasilitas PPSDM Migas baik itu sarana Laboratorium dan Bengkel melalui Tour Facility yang akan dipandu oleh Pak Rahman," jelasnya.

Agus menambahkan bahwa dengan kebijakan Net Zero Emission itu kita semua harus berubah, tambang minyak itu harus menyesuaikan dengan Energi Baru dan Terbarukan.

"PPSDM Migas sendiri juga telah banyak mengadakan pelatihan dengan tema panas bumi dan juga tambang seperti contohnya, kami pernah mengadakan sertifikasi Operasi Pesawat Angkat di Freeport, kami juga pernah mengadakan pelatihan operator untuk Supreme Energi yang bergerak di bidang panas bumi. Harapannya tentu saja ke depan kita semua dapat berkolaborasi sehingga bisa lebih bagus lagi baik itu PPSDM Migas, PPSDM KEBTKE, dan PPSDM Geominerba dan perlu disupport oleh PEP Bandung dan PEM Akamigas karena kita tidak bisa bekerja sendiri," imbuhnya.

Hasil diskusi pada acara tersebut membuka wacana bahwa PEP Bandung dapat melebarkan kerja sama dengan PPSDM Migas pada beberapa area seperti K3 Migas, AGT, Metalurgi, Geologi dan PKL 3in1 yang memang dikhususkan untuk mahasiswa yang tentu saja sudah menyesuaikan dengan level fresh graduate yang sesuai dengan SKKNI. Seperti contohnya beberapa universitas yang mengikuti program PKL 3in1 adalah Universitas Trisakti, UPN Veteran, dan Universitas Proklamasi.

Kunjungan kali in ditutup dengan rangkaian Tour Facility ke Laboratorium Pemboran, Laboatorium Geologi dan Laboratorium Mekanik PPSDM Migas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan