Mohon tunggu...
Luita Dratistiana
Luita Dratistiana Mohon Tunggu... Analis Humas

PPSDM Migas merupakan pusat pengembanga SDM subsektor migas yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sebagai unit kerja di bawah Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Skill Komunikasi Pegawai, PPSDM Migas Selenggarakan Pelatihan Komunikasi

6 Mei 2021   11:35 Diperbarui: 6 Mei 2021   11:44 31 1 0 Mohon Tunggu...

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi terkadang menjadi hal yang disepelekan, padahal kesalahan dalam komunikasi dapat menimbulkan sebuah permasalahan. Salah satu hal yang menyebabkan banyak orang berselisih paham adalah karena komunikasi yang tidak efektif, hingga memunculkan spekulasi "orang yang sulit".

Semua orang dapat berkomunikasi dengan caranya masing-masing, tetapi tidak semuanya mampu berkomunikasi secara efektif. Lalu apa itu komunikasi yang efektif? Pengertian komunikasi efektif adalah jika komunikasi yang dilakukan mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain. Perubahan sikap ini biasanya terlihat pada proses maupun masa pasca komunikasi. Selain itu tujuan dari komunikasi efektif adalah sebagai berikut memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informasi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi (komunikan), agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seimbang sehingga tidak monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.

Sebuah komunikasi dikatakan efektif apabila pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya, pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim, tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim.

Oleh karena itu, PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan Komunikasi Efektif, yang diikuti oleh internal pegawai PPSDM Migas. Pelatihan ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, yakni dimulai hari Senin, 3 Mei sampai dengan hari Rabu, 5 Mei 2021.

Santi Oktaviani, salah satu pengajar dalam pelatihan ini, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah agar para  peserta  mampu berkomunikasi  yang  efektif,  efisien,  dan  menarik  sehingga  pesan  yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah, ketika di hubungi melalui pesan singkat pada Selasa (4/5/2021).

"Diharapkan para peserta setelah mengikuti pelatihan ini mampu untuk berkomunikasi secara efektif, efisien sehingga pesan yang ingin disampiakan dapat dipahami oleh lawan bicaranya dengan mudah dan cepat" pungkas Santi.

Hal senada juga di sampaikan oleh Sarjono, salah satu peserta pelatihan ini menjelaskan bahwa ilmu yang diajarkan sangat menunjang pekerjaan dan ilmu yang di sampaikan dengan sangat komunikatif, dihubungi melalui pesan singkat pada Selasa (4/5/2021)

"Ilmu yang diberikan sangat menunjang dan bermanfaat bagi pekerjaan kami salah satunya untuk membuat pengumuman, pemberitahuan, koordinasi dengan rekan kerja, bagaimana cara berkomunikasi yang efektif, dan cara penyampaian informasi agar tersampaikan dengan baik," tambah Sarjono.

"Dan satu lagi, pengajar dalam menyampaikan materi sangat kompeten sehingga kami dapat dengan mudah menyerap ilmu yang disampaikan" tutup Sarjono.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x