Mohon tunggu...
Luhur Adi Prasetya
Luhur Adi Prasetya Mohon Tunggu... Jurnalis Pemula

Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembukaan KKN Reguler UM di Desa Kemulan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang 2021

16 Juni 2021   00:16 Diperbarui: 16 Juni 2021   00:29 144 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan KKN Reguler UM di Desa Kemulan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang 2021
Foto tim KKN UM bersama Perangkat Desa Kemulan-dokpri

TUREN - Ditengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, banyak sekali kegiatan masyarakat yang mengalami penyesuaian dan perubahan. Salah satunya adalah kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021 juga mengalami beberapa penyesuaian, dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan tanpa mengurangi makna pengabdian itu sendiri. Pada tahun ini Universitas Negeri Malang memberangkatkan lebih dari dua ribu mahasiswa dari berbagai jurusan ke berbagai daerah dengan mengangkat tema “Dari Manapun, Mahasiswa Membuat Karya Pengabdian”.

Salah satu desa yang menjadi sasaran KKN adalah Desa Kemulan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Peserta yang terlibat dalam KKN Desa Kemulan berjumlah lima belas mahasiswa dari berbagai fakultas yang berbeda dan dilaksanakan selama 45 hari dengan menerapkan KKN Reguler Model Blok. Pembukaan KKN Desa Kemulan sendiri dilaksanakan pada Senin, 14 Juni 2021 bertempat di Kantor Desa Kemulan yang dihadiri oleh perangkat desa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), peserta KKN, beserta masyarakat.

Acara pembukaan KKN dilaksanakan pukul 08.00 WIB pagi dibuka oleh Master of Ceremony (MC) Eka Nur Khoirala dengan menampilkan beberapa sambutan dari Koordinator Desa (Luhur Adi Prasetya), Dosen Pembimbing Lapangan (Ibu Herlina Ike Oktaviani) dan terakhir sambutan dari Kepala Desa Kemulan (Bapak Purna Wibawa). Dalam sambutannya DPL dan Kepala Desa Kemulan berpesan kepada mahasiswa agar melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan maksimal, menjaga nama baik alamamater, dan menghormati adat istiadat desa setempat. Rangkaian acara berikutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UM.  

Dalam acara pembukaan juga memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan selama mengabdi di desa. Program kerja ini meliputi berbagai bidang yaitu agama, ekonomi, olahraga, kesehatan, dan pendidikan. Agar masyarakat desa dan mahasiswa saling mengenal, masing-masing perangkat desa dan mahasiswa juga saling memperkenalkan diri. Rangkaian acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ahmad Abdullah pada pukul 11.00 WIB.

Harapannya mahasiswa tidak hanya melaksanakan KKN sebagai penggugur kewajiban, namun juga memberikan kontribusi bagi masyarakat agar lebih berdaya dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Kemulan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x