Mohon tunggu...
Luh Eka Angelia
Luh Eka Angelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Luh Eka Angelia.PM

Prodi Bimbingan Konseling Islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandangan Ibnu Sina Terhadap Psikologi

18 Januari 2022   12:07 Diperbarui: 18 Januari 2022   12:24 315 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Luh Eka Angelia Putri

NIM : 0601519016

DK19A

Program Studi Bimbingan Konseling Islam

Pandangan Ibnu Sina Terhadap Psikologi

PENDAHULUAN

Ibnu Sina lahir pada tahun 980 di Afshona, Uzbekistan dan wafat pada tahun 1037 di Hamedan, Iran. Ibnu Sina sering dikenal dengan sebutan "Avicenna" (Ahli Diagnosis) di dalam dunia barat ia adalah seorang filsuf, dokter, dan ilmuan. Dan ia juga seorang penulis karya-karyanya antara lain tentang kedokteran dan filosofi, julukanya adalah "Bapak Kedokteran Modern".

Filosofinya Ibnu Sina ini ia menggabungkan dengan perspektif Aristotelian dan Platonis melalui teologi muslim. Ibnu Sina menjadikan teori pengetahuan dengan fisika, kimia, matematika, astronomi dan ilmu praktisnya yaitu ekonomi, filsafat, etika dan juga politik. Ibnu Sina juga telah menguasai Al-Quran dan sastra, hal ini membangkitkan kekaguman oleh filosof Ali Abu Abdullah An-Natli yang mengajarinya ilmu matematika dan logika.

Ibnu Sina Psikologi Islam : Definisi Kejiwaan

Ibnu Sina sangat memperhatikan filsafat dan kejiwaan, ia juga dianggap sebagai filsuf yang populer dan banyak mengarang buku ilmu kejiwaan. pendapat Ibnu Sina terhadap kejiwaan banyak di pengaruhi oleh al-farabi, akan tetapi pembahasan Ibnu Sina lebih detail dan jelas dari pada al-farabi.

Sejak muda Ibnu Sina telah mempelajari ilmu kejiwaan dengan menulis karyannya tentang ilmu kejiwaan yaitu al-Qanun fi al-Thibb dan isinya tentang berbagai kekuatan kejiwaan menurut kedokteran. Dan juga ia menunjukan hubungan baaadaan dan jiwa.

Menurut Ibnu Sina jiwa sama dengan roh dan menurutnya jiwa adalah kesempurnaan awal karena dengan itu orgasme menjadi sempurna sehingga menjadi manusia yang nyata. Yang dimkasud dengan jiwa merupakan kesempurnaan awal dari tubuh biologis dikarenakan tubuh merupakan prasyarat dari definisi jiwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan