Mohon tunggu...
Lugas Rumpakaadi
Lugas Rumpakaadi Mohon Tunggu... Penulis - WotaSepur

Like a train which is always on time. Hi, I'm Lugas.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

KAI Kembali Adakan Lomba Desain, Upaya Jaring Ide?

18 September 2021   14:00 Diperbarui: 18 September 2021   14:14 139 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KAI Kembali Adakan Lomba Desain, Upaya Jaring Ide?
Lokomotif CC 206 dengan livery spesial kemerdekaan. (Sumber: Dokumentasi KAI)

Memperingati Hari Ulang Tahun Kereta Api Indonesia ke-76, operator kereta api ini mengadakan sayembara lomba yang cukup unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Siang ini, melalui media sosial resminya, KAI mengumumkan sayembara lomba desain livery kereta api.

Sesuai dengan usianya yang menginjak 76 tahun, nominal hadiahnya juga disesuaikan. Seorang peserta yang memenangkan sayembara ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp7.600.000,00. Terbilang cukup besar untuk ukuran lomba desain livery kereta api.

Lomba desain seperti ini sejatinya bukan hal yang pertama kali dilakukan oleh KAI. Sebelumnya, saat era Ignasius Jonan menjabat sebagai direktur utama, KAI juga pernah mengadakan lomba serupa. Perbedaannya, lomba yang dilaksanakan saat itu adalah lomba desain logo KAI.

Dari sekitar 2.000 peserta yang masing-masing diberi kesempatan untuk mengirimkan 2 karya desain logonya, Farid Stevy Asta menjadi pemenang dari lomba desain logo. Alumni Institut Seni Indonesia Jurusan Desain Grafis itu memenangkan hadiah total sebesar Rp200 juta.

Desain logo KAI yang didesain oleh Farid berbentuk tiga bidang garis horizontal sejajar berwarna oranye dan biru. Dua baris teratas yang berwarna oranye membentuk ruang kosong berbentuk anak panah.

Dua garis oranye yang memiliki tanda panah menyimbolkan kereta yang melaju kencang menuju kemajuan. Sedangkan garis warna biru yang berada di paling bawah sebagai relnya. Desain logo tersebut kemudian digunakan sebagai Logo KAI pada periode 2011-2020. Para penggemar kereta api biasa menyebut logo ini sebagai Logo Moving Forward.

Sepuluh tahun sejak KAI mengadakan lomba desain logo, kini KAI kembali mengadakan lomba desain livery kereta api. Namun, KAI masih belum menjelaskan perihal pasti kegunaan dari hasil karya peserta lomba ini.

Ada kemungkinan, KAI akan menggunakannya pada armada kereta apinya, entah saat momen apa. Mengingat, sejak dipimpin Didiek Hartantyo, KAI kerap memunculkan livery tematik seperti livery spesial Natal dan tahun baru, livery spesial Ketupat Lebaran, dan livery spesial Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan