Mohon tunggu...
Lugas Rumpakaadi
Lugas Rumpakaadi Mohon Tunggu... Penulis - WotaSepur

Like a train which is always on time. Hi, I'm Lugas.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

KA Bandara YIA Mulai Berbayar Hari Ini, Berapa Tarifnya?

17 September 2021   09:25 Diperbarui: 17 September 2021   09:55 36 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KA Bandara YIA Mulai Berbayar Hari Ini, Berapa Tarifnya?
Ruang tunggu Stasiun Bandara YIA. (Sumber: Dokumentasi KAI)

Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta International Airport mulai memberlakukan tarif pada operasionalnya hari ini, Jumat (17/9/2021). Sebelumnya, pada tanggal 1-16 September 2021, KA Bandara ini telah menerapkan uji coba untuk umum secara gratis.

Per hari ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menetapkan tarif pada KA Bandara YIA ini sebesar Rp20.000,00 per penumpang untuk perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Bandara YIA dan sebaliknya serta perjalanan dari Wates menuju Bandara YIA dan sebaliknya. Sementara itu, untuk perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Wates dan sebaliknya, tarif yang ditetapkan hanya sebesar Rp10.000,00.

Tarif KA Bandara YIA ini telah mendapatkan subsidi Public Service Obligation dari pemerintah, sehingga tarifnya relatif terjangkau. Harapannya agar lebih banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan moda transportasi kereta api untuk mobilitasnya dari Yogyakarta menuju bandara maupun sebaliknya.

Seperti halnya pada saat uji coba secara gratis, perjalanan KA Bandara YIA dijadwalkan sebanyak 8 perjalanan sehari dengan rincian 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju bandara dan 4 perjalanan dari bandara menuju Stasiun Yogyakarta. Dari Bandara YIA dijadwalkan berangkat pada pukul 09.25 WIB, 11.57 WIB, 14.55 WIB, dan 16.49 WIB. Kemudian dari Stasiun Yogyakarta dijadwalkan berangkat pada pukul 05.00 WIB, 07.20 WIB, 10.19 WIB, dan 14.02 WIB.

Jadwal perjalanannya telah disesuaikan dengan jadwal penerbangan dan kedatangan pesawat di bandara. Adapun stasiun pemberhentian KA Bandara ini hanya di Stasiun Wates saja.

KA Bandara YIA juga diklaim memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan dengan moda transportasi lain. Perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Bandara YIA dan sebaliknya hanya membutuhkan waktu sekitar 39 menit. Jika menggunakan transportasi lain, waktu tempuhnya lebih lama yaitu sekitar 90 menit.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Bandara YIA ini sudah dapat melakukan pemesanan melalui loket yang tersedia di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Bandara YIA. Selain itu, pemesanan secara online juga tersedia melalui aplikasi KAI Access.

Sebelumnya selama masa uji coba umum secara gratis, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub mencatat masyarakat sangat antusias dengan adanya KA Bandara ini. Ditjen Perkeretaapian mencatat sudah ada 3.646 orang yang menggunakan KA Bandara selama periode 1-13 September 2021.

Kehadiran KA Bandara YIA diharapkan mampu memberikan manfaat ekonomi terhadap masyarakat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, KA Bandara ini juga diharapkan mampu mengurangi kemacetan di jalan serta mengurangi tingkat polusi udara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan