Mohon tunggu...
Lugas Rumpakaadi
Lugas Rumpakaadi Mohon Tunggu... Penulis - WotaSepur

Like a train which is always on time. Hi, I'm Lugas.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Livery Spesial HUT RI dan Semangat Nasionalisme di Kereta Api

1 Agustus 2021   14:45 Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:51 176 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Livery Spesial HUT RI dan Semangat Nasionalisme di Kereta Api
Livery spesial HUT RI ke-76 pada lokomotif dan kereta api yang dioperasikan KAI. (Sumber: KAI)

Memasuki bulan Agustus, yang sekaligus juga sebagai bulan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), ada moda transportasi kereta api (KA) yang selalu ikut memeriahkannya. Setiap tahunnya, Kereta Api Indonesia (KAI) selalu melakukan pemasangan bendera kecil di seluruh armada lokomotif yang dimilikinya.

Pemasangan bendera kecil biasanya diletakkan di bagian pegangan masinis untuk naik ke lokomotif di sisi kanan dan kiri depan. Bendera kecil ini akan selalu berada di situ selama bulan Agustus. Pada bulan September, bendera ini sudah tidak lagi terpasang di lokomotif.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, KAI tahun ini juga mendekorasi lokomotif, kereta, hingga stasiunnya dengan nuansa Hari Kemerdekaan. Pada bagian lokomotif terpasang livery "KAI Maju untuk Indonesia" dengan latar belakang berwarna merah. Sementara pada bagian kereta terpasang livery "KAI untuk Indonesia" dengan latar belakang yang sama dengan bagian lokomotif.

Selama bulan Agustus, terhitung mulai hari ini (1 Agustus 2021), KAI telah memasang livery pada 4 unit lokomotif dan 37 unit kereta yang dirangkaikan pada 4 rangkaian kereta. Keempat rangkaian kereta itu antara lain pada KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi-Gambir pp), KA Argo Parahyangan (Bandung-Gambir pp), KA Argo WIlis (Surabaya Gubeng-Bandung pp), dan KA Gajayana (Malang-Gambir pp).

Selain pemasangan livery, KAI juga mendekorasi 22 stasiun untuk menyemarakkan HUT RI. Pemasangan ini diketahui sudah ada di Stasiun Gambir, Bandung, Surabaya Gubeng, dan beberapa stasiun lainnya di berbagai kota.

Menurut Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan pada siaran pers KAI, pemasangan livery khusus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 ini adalah wujud nasionalisme KAI dalam menyediakan konektivitas masyarakat. Unsur yang terkandung dalam livery ini juga memiliki makna kesatuan dan persatuan Indonesia untuk mewujudkan tema HUT RI tahun ini yaitu "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Kemudian, untuk tulisan #KAIUNTUKINDONESIA pada bagian lokomotifnya memiliki makna KAI berupaya terus maju dan melayani masyarakat Indonesia lewat moda transportasi KA. Dengan adanya livery di lokomotif dan kereta, serta ornamen di stasiun ini, KAI berharap para pelanggan KAI juga dapat ikut merasakan semangat nasionalisme melalui transportasi KA.

Bagi para penggemar KA (Railfans), pemasangan livery dan ornamen ini bisa menjadi momen yang perlu diabadikan, karena mungkin tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang. Berikut saya lampirkan juga beberapa hasil dokumentasi kawan Railfans yang berhasil mengabadikan livery spesial HUT RI ke-76.

Kereta api dengan livery spesial HUT Ri ke-76. (Sumber: Twitter/AluqmanBj)
Kereta api dengan livery spesial HUT Ri ke-76. (Sumber: Twitter/AluqmanBj)

Kereta api dengan livery spesial HUT Ri ke-76. (Sumber: Twitter/AluqmanBj)
Kereta api dengan livery spesial HUT Ri ke-76. (Sumber: Twitter/AluqmanBj)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN