Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Beberapa Topik untuk Menulis Lagi agar Tidak Ngilu

1 Agustus 2021   00:51 Diperbarui: 1 Agustus 2021   01:28 114 22 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Topik untuk Menulis Lagi agar Tidak Ngilu
carolinalidya.com

Tulisan ini saya masukkan ke dalam kategori life hack. Harapannya adalah agar tidak lupa bagaimana cara mendapatkan topik untuk menulis. Jadi, tulisan ini mungkin bisa menjadi upaya agar bisa menulis lagi...setiap hari. 

Apalagi, jam baru saja memasuki tanggal pertama di bulan Agustus. Bulan penuh semangat. Bulan kemerdekaan.

###

Setelah vakum selama lebih dua bulan, semangat kembali muncul untuk menulisi akun blog ini. Semangat itu muncul dari keseharian membaca tulisan Kompasianer. Walau awalnya hanya mampu membaca satu hingga dua tulisan, akhirnya bisa membaca 5-7 tulisan setiap Kali membuka blog ini. 

Tujuan menulis (lagi) adalah mendokumentasikan keseharian. Sesederhana itu saja tujuannya. Tak ada tujuan lain. Mungkin satu atau dua tulisan agak serius. Tulisan-tulisan lain bisa tentang 'zona nyaman' atau soal hubungan antar-bangsa. 

Oya, mengapa harus keseharian yang akan didokumentasikan di Kompasiana? Karena keseharian itu memiliki banyak macam topik kegiatan dengan sifat yang beragam pula. Topik keseharian ada dalam kehidupan di sekitar kita. Banyak topik yang bisa direkam oleh pikiran dan dituliskan di blog keroyokan ini.

Ada beberapa topik yang menarik untuk ditulis. Pertama, topik Olimpiade 2020 tampaknya bisa dipertimbangkan sebagai Yang paling menarik. Perhelatan olah raga tingkat dunia itu sedang berlangsung. Bahkan penyelenggaraannya menjadi kontroversial karena dilakukan ketika pandemi Covid-19 sedang meningkat. Selain itu, Tokyo sebagai tuan rumah ternyata juga sedang mengalami krisis ini. Pertimbangkan lainnya adalah bahwa Olimpiade ini menjadi topik pilihan di Kompasiana.

Kedua, topik-topik yang berkaitan dengan krisis Covid-19. Penerapan PPKM, strategi masyarakat mengharapi PPKM, atau bisa juga soal berhasil/kurang berhasilnya kebijakan PPKM. Topik ini juga menarik dibahas dengan melihat kebijakan serupa di negara-negara lain.

Topik ketiga bisa yang berkaitan dengan kejadian-kejadian viral Di media sosial, semacam Twitter. Istilah populernya: Twitter, please do your magic!!! Banyak topik di Twitter yang bisa diangkat di sini ketimbang semata soal masih belum akbrabnya kaum cebong dan kadrun.

Topik keempat ya...apalagi kalau bukan soal-soal hubungan internasional. Isu-isu kebijakan luar negeri, hubungan bilateral-multilateral, organisasi regional, dan seterusnya, tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja. Berbagai itu itu perlu dituangkan ke dalam tulisan.

Topik kelima adalah tentang centang biru. Pokok bahasan ini belum sempat saya tuliskan hingga kini. Padahal centang biru itu munculnya justru ketika saya tidak bisa menulis di sepanjang bulan Juni yang lalu. Entah apa yang menjadi pertimbangan admin Kompasiana memberikannya ketika saya sedang tidak menulis dalam waktu lama. Oleh karena itu, sebuah tulisan tentang centang biru itu akan menjadi apresiasi saya kepada admin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x