Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Mendapatkan Ide Menulis

22 September 2020   23:53 Diperbarui: 23 September 2020   00:00 59 11 2 Mohon Tunggu...

Salah satu persoalan terbesar dalam menulis adalah mendapatkan ide untuk menulis. Semua penulis memiliki persoalan ini. Entah itu penulis pemula atau yang sudah berpengalaman. Ketika ide sudah diperoleh, masalah lain muncul, yaitu ide itu ternyata sama dengan yang lain. Menemukan ide merupakan satu persoalan, lalu membedakan ide itu dengan yang lainnya sehingga menjadi ide yang unik itu menjadi persoalan lanjutan.

Ide menulis secara sederhana bisa berasal dari apa saja dan dari mana saja. Ide itu kadang-kadang bisa muncul begitu saja tanpa disangka-sangka. Ketika seseorang sudah tidak mempunyai masalah dalam memulai menulis, maka ide yang muncul tiba-tiba itu bisa langsung ditulis. 

Bahkan proses menulis bisa selesai menjadi sebuah tulisan 'bersih' dalam waktu cepat.  Maksudnya 'bersih' adalah tidak ada typo atau salah ketik, memakai Bahasa Indonesia baku, dan lain-lain.

Bagi penulis-penulis tertentu, ide menulis tidak mudah didapatkan. Ide itu harus dipaksa muncul. Seorang penulis bisa saja harus menyepi demi bisa mendapatkan ide dan waktu khusus untuk menulis. 

Sebuah upaya khusus kadang harus ditempuh untuk mendapatkan ide dan waktu khusus untuk menulis. Konon seorang budayawan dan penulis handal dipaksa pergi ke luar negeri supaya mempunyai waktu khusus untuk menulis sebuah buku.

Bagi kebanyakan orang, ide menulis bahkan bisa berasal dari sekitar kita. Ide bisa didapatkan melalui membaca berbagai buku atau dokumen cetak dan elektronik. Berbicara dengan orang lain atau mendengarkan berita. Bisa juga berasal dari melihat atau merasakan sesuatu.

Ada saat-saat ide bisa muncul dari sekeliling kita sendiri dan situasi ini menjadi terlalu mewah untuk diabaikan begitu saja. Ketika ide bisa berasal dari sekeliling kita, maka upaya untuk menggali sebanyak mungkin ide perlu dilakukan.

Bisa saja banyaknya ide untuk menulis itu akan menghasilkan sebuah daftar tulisan-tulisan yang bisa dikumpulkna dan dijadikan satu menjdi sebuah buku atau ebook.

Ide untuk menulis kadang-kadang perlu diarahkan pada keinginan untuk membuat buku atau ebook. Walaupun mungkin terlalu awal atau, malah, tinggi, membuat buku atau ebook dapat menjadi motivasi tersendiri.

Apalagi kemajuan dan perkembangan per-buku-an sekarang tidak lagi menuntut buku harus memenuhi syarat, misalnya: memiliki jumlah minimal halaman, ber-ISBN, berbentuk khusus, atau harus cetak (printed). Keleluasaan dalam menerbitkan buku diharapkan dapat meningkatkan motivasi penulis. Saya melihat banyak Kompasianer memiliki banyak tulisan yang sangat mungkin untuk dibukukan. 

Kembali ke soal mendapatkan ide menulis. Semakin maju sebuah jaman semakin canggih pula cara-cara mendapatkan ide untuk menulis. Di jaman serba Google Search seperti sekarang ini, ide menulis bisa saja dicari lewat mesin perambah itu. Ide dapat berasal dari informasi yang sudah terlalu banyak jumlah, variasi, dan kecepatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x